Warga DKI Rayakan Lebaran Betawi di Kawasan Monas

CNN Indonesia | Minggu, 21/07/2019 11:13 WIB
Warga DKI Rayakan Lebaran Betawi di Kawasan Monas Perayaan Lebaran Betawi di Kawasan Monas, Minggu (21/7). (CNN Indonesia/Shaskya Thalia).
Jakarta, CNN Indonesia -- Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menghadiri puncak kegiatan Lebaran Betawi ke-12. Ia hadir didampingi istrinya, Feri Farhati, sekitar pukul 08.55 WIB di Kawasan Monas, Minggu (21/7).

Anies dan istrinya kompak mengenakan pakaian adat Betawi. Anies memakai pakaian bernuansa hitam, sedangkan istrinya memakai kebaya cokelat muda dengan kerudung hijau.

Tak berselang lama setelah kedatangannya, ia melepas rombongan Sorendo-rendo atau karnaval budaya pada pukul 09.15 WIB. Sorendo-rendo merupakan parade defile dengan jumlah peserta sekitar 2.000 orang yang memakai baju adat khas nusantara. Mereka berparade sambil berjalan kaki.

Menurut pantauan CNNIndonesia.com, warga sudah memadati kawasan Monas sejak pagi, sekitar pukul 08.00 WIB. Bahkan, pintu masuk Monas di dekat stasiun Gambir sempat mengular karena antrean panjang.


"Susah banget tadi masuk ke sini (Monas), tapi nikmati saja kan mau ngajak anak-anak melihat Lebaran Betawi," ujar Tika warga asal Kemanggisan yang datang bersama keluarganya.

Selain datang untuk menghadiri Lebaran Betawi, banyak juga warga yang datang ke Monas untuk berolahraga. Hal ini dikarenakan puncak perayaan bertepatan dengan Car Free Day. Di antara mereka ada juga yang menggelar tikar piknik sambil mencicipi kuliner khas Betawi.

Warga yang hadir memadati area depan panggung utama yang yang berada di depan silang Monas Selatan. Mereka ingin melihat hiburan penyanyi Betawi dan acara palang pintu.
[Gambas:Video CNN]
Selain Anies, Ketua Bamus Betawi Abraham Lunggana alias Lulung juga hadir di acara Lebaran Betawi ini. Selain itu hadir pula politisi PKS Hidayat Nur Wahid.

Perayaan Lebaran Betawi diadakan sejak Jumat (19/7) dan akan ditutup pada Minggu (21/7). Kegiatan ini dimeriahkan beragam acara kesenian khas Betawi, antara lain sohibul hikayat, tanjidor, gambus, marawis, palang pintu, tarian Betawi, atraksi silat Betawi, gambang kromong, hingga lenong.


(sas/bir)