FOTO: 'Monster Sampah' di Pawai Bebas Plastik

Antara Foto,, CNN Indonesia | Minggu, 21/07/2019 17:16 WIB

Jakarta, CNN Indonesia -- Monster plastik menyerupai ikan raksasa memiliki berat 500 kilogram diarak dari Bundara HI menuju Taman Aspirasi Monas dalam acara pawai bebas sampah.

Monster plastik menyerupai ikan raksasa memiliki berat 500 kilogram (kg) diarak dari Bundara HI menuju Taman Aspirasi Monumen Nasional (Monas) dalam pawai tolak plastik sekali pakai, Minggu (21/7). (CNN Indonesia/Daniela Dinda)
Monster plastik terbentuk dari sampah plastik yang diangkut dari pantai dan laut oleh relawan pegiat lingkungan bersama masyarakat. (CNN Indonesia/Daniela Dinda)
Pawai bebas plastik ini diklaim menjadi aksi terbesar di Indonesia untuk menolak penggunaan plastik sekali pakai. (ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay)
Kegiatan pawai bebas plastik diisi dengan pawai, orasi, flash mob, monster sampah dan pertunjukan musik. (ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay)
Poin penting yang menjadi desakan para peserta dalam kampanye ini yakni menuntut pemerintah melarang plastik sekali pakai yang berlaku secara nasional. (CNN Indonesia/Daniela Dinda)
Pemerintah juga dituntut memperbaiki sistem tata kelola sampah berupa: penegakan sistem pemilihan sampah dari sumber hingga akhir serta mendukung produksi kemasan dalam negeri yang pro-lingkungan, pro-kearifan lokal dan bebas plastik. (CNN Indonesia/Daniela Dinda)
Dalam aksi ini, Menteri Susi juga mengajak dua orang anak dan empat cucu-nya ikut aksi pawai tolak plastik sekali pakai. Hadir juga dalam aksi Kaka dan Ridho Slank, serta musisi Navicula dari Bali serta sejumlah tokoh lainnya. (CNN Indonesia/Daniela Dinda)
Kampanye ini mengedukasi masyarakat terkait bahaya atau dampak buruk penggunaan kantong plastik sekali pakai melalui media monster sampah. (ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay)