Tersangka Pembunuh Presenter TVRI Ditangkap Buser 77 Kendari

CNN Indonesia | Senin, 22/07/2019 07:26 WIB
Tersangka Pembunuh Presenter TVRI Ditangkap Buser 77 Kendari Ilustrasi pembunuhan. (Istockphoto/Sestovic)
Jakarta, CNN Indonesia -- Tim Satuan Reserse Kriminal (Reskrim) Buser 77 Polres Kendari telah menangkap diduga pelaku pembunuhan seorang aparatur sipil negara (ASN) Dinas Pariwisata Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) yang juga dikenal sebagai Presenter TVRI Kendari, Abu Saila alias Aditia.

"Pelaku berinisial AS (29) warga BTN Medibbrata Dua, Kendari dan ditangkap di Jalan Abunawas, Kelurahan Bende, Kecamatan Kadia, Kota Kendari, Minggu (21/7), sekitar pukul 16.45 WITA," kata Kapolres Kendari, Ajun Komisaris Besar Jemi Junaidi di Kendari, Sulawesi Tenggara, Minggu (21/7) seperti dilansir Antara.

Ia menjelaskan, pelaku berhasil dibekuk aparat kepolisian di daerah eks arena MTQ Kota Kendari, kurang dari 24 jam setelah kejadian pembunuhan tersebut.


"Motif pelaku membunuh korban karena adanya rasa dendam karena korban pernah melecehkan pelaku selama menjalin pertemanan dan untuk lainnya masih dalam penyidikan," kata Jemi Junaidi.


Soal pelecehan apa yang dilakukan korban, Jemi belum mau membeberkannya. Itu, katanya masih dalam tahapan penyidikan lanjutan.

Sejauh ini, sambung Jemi, berdasarkan keterangan pelaku sebelumnya telah merencanakan pembunuhan tersebut dengan menyiapkan senjata tajam berupa sebilah badik yang telah dibuang di Teluk Kendari setelah pelaku membunuh korban.

"Dari keterangan pelaku, dia menghabisi korban di sekitar Jalan Syekh Yusuf tak jauh dari ditemukannya korban saat itu. Setelah menghabisi nyawa korban, pelaku lalu melarikan diri dan membawa kendaraan korban ke Benubenua Kecamatan Kendari Barat, Kota Kendari. Kalau dilihat dari kronologi termasuk pembunuhan berencana," kata Jemi Junaidi.

Sementara itu, jenazah Abu Saila dimakamkan hari ini di kampung orang tuanya, Desa Ambaipua, Kecamatan Ranomeeto, Kabupaten Konawe Selatan.

Sebelumnya jenazah korban ditemukan di Jalan Syech Yusuf, Kelurahan Korumba, Kecamatan Mandonga, Kota Kendari, Minggu pagi oleh seorang warga sekitar lokasi yang hendak membuang sampah.

Kematian Abu Saila diketahui setelah mayatnya ditemukan di selokan Jalan Syech Yusuf, Kelurahan Korumba, Kecamatan Mandonga, Kota Kendari, Minggu pagi (21/7) oleh warga di sekitar lokasi.

Jemi menerangkan korban mengalami luka tusukan robek pada bagian perut, dahi, dan tangan. Jemi juga menerangkan, sebelum kejadian tersebut, istri korban sempat memberikan laporan kehilangan kepada Polsek Baruga dan diteruskan di Polres Kendari.

"Memang benar pada pukul 20:00 Wita kami menerima laporan kehilangan dari keluarga korban, istri korban melaporkan atas kasus kehilangan pada Polsek Baruga dan diteruskan ke Polres Kendari dan dilakukan pencarian tadi pagi untuk memonitor keberadaan korban," jelasnya.

Berdasarkan keterangan, korban keluar menggunakan mobil Avanza warna putih dengan nomor polisi DT 1380 IE, dan ditemukan di depan SMA Negeri 9 Kendari.


[Gambas:Video CNN]

(Antara/kid)