Bertemu Surya Paloh, Cak Imin Bantah Bahas Kursi Ketua MPR

CNN Indonesia | Senin, 22/07/2019 13:58 WIB
Bertemu Surya Paloh, Cak Imin Bantah Bahas Kursi Ketua MPR Ketua PKB Muhaimin Iskandar. (CNN Indonesia/Christie Stefanie)
Jakarta, CNN Indonesia -- Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar alias Cak Imin melakukan pertemuan dengan Ketua Umum NasDem Surya Paloh di Kantor DPP NasDem, Jakarta, Senin (22/7). Cak Imin mengklaim tak ada pembicaraan mengenai posisi ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR).

"Belum, belum ada pembahasan (posisi ketua MPR). Yang ada pokoknya koalisi solid," kata Cak Imin usai bertemu Paloh.

Cak Imin enggan terbuka mengenai isi diskusi dengan Paloh. Mantan menteri era Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) itu hanya menyatakan pertemuan bersama Paloh untuk memperkuat koalisi.


"Pokoknya tadi hanya kekeluargaan, dan menjaga kebersamaan partai-partai koalisi," ujarnya.

Saat disinggung apakah partai pendukung Joko Widodo-Ma'ruf Amin memprioritaskan kader dari partai koalisi untuk posisi Ketua MPR, Cak Imin tak menjawab tegas. Ia menegaskan saat pihaknya ingin memperkuat koalisi.

"Pokoknya mensolidkan dulu. Belum ada rumusan lain," tuturnya.

Ketum Partai Lain

Sementara Sekretaris Jenderal Partai NasDem Johnny G. Plate mengatakan selain Cak Imin sejumlah ketua umum partai lain, seperti Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto serta Plt. Ketua PPP Suharso Monoarfa juga akan hadir ke Kantor DPP NasDem.

Bertemu Surya Paloh, Cak Imin Bantah Bahas Kursi Ketua MPRKetua Umum NasDem, Surya Paloh. (CNN Indonesia/Abi Sarwanto)
Mereka, kata Johnny, datang dalam rangka ulang tahun Paloh. Menurutnya, para ketua umum partai koalisi itu baru memiliki waktu untuk bertemu langsung dengan Bos Media Group itu.

"Tentu pertemuan para ketum bahas yang ringan dan rileks setelah proses pilpres panjang setelah Jokowi-Ma'ruf Amin ditetapkan sebagai kepala negara," ujarnya.

Johnny menyebut tak ada agenda pembahasan kursi ketua MPR dalam pertemuan Paloh dengan sejumlah partai pendukung Jokowi-Ma'ruf. Ia menyatakan pertemuan para ketua umum ini untuk memperkuat soliditas koalisi.

"Kalau koalisi kan harus solid, untuk mempertegas agar informasi tidak bias, tidak ditafsirkan dengan spekulasi yang banyak, koalisi ini solid," katanya.

Sebelumnya, Paloh sempat menyinggung keinginan Cak Imin menjadi ketua MPR. Ia menyebut Cak Imin sebagai sosok yang selalu merasa paling pantas. Paloh pun siap berdiskusi dengan Cak Imin soal kursi ketua MPR.

Ia memastikan bahwa NasDem tak tertarik dengan ketua MPR karena sadar perolehan suara hanya berada di posisi kelima. (fra/wis)