Taufik Gerindra: Pak Anies Senyum Terus Tak Ada Wagub

CNN Indonesia | Selasa, 23/07/2019 12:04 WIB
Taufik Gerindra: Pak Anies Senyum Terus Tak Ada Wagub Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta M Taufik menyebut pemilihan wakil gubernur DKI yang belum terlaksana saat ini hanya diributkan oleh media. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Jakarta, CNN Indonesia -- Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta Mohamad Taufik beranggapan Gubernur DKI Anies Baswedan tak terlalu memusingkan posisi Wakil Gubernur yang masih lowong.

Anies disebutnya lebih banyak tersenyum. Karena itu, dia meminta semua pihak bersabar soal pemilihan DKI-2.

Menurut Taufik masih ada sejumlah prosedur yang harus dijalankan sebelum melakukan pemilihan.


"Ini yang ribut soal Wagub itu media, wartawan. Pak Anies saja senyum-senyum," kata Taufik di Balai Kota DKI Jakarta, Selasa (23/7).

Dia mengatakan Anies cenderung lebih tenang dalam bekerja meski belum memiliki wakil.

"Teman-teman saja yang tiap hari ngojok-ngojok Pak Anies. Sabar saja. Pak Anies senyum terus enggak ada Wagub. Senyum terus, ya, kan?" lanjut dia.

Taufik enggan menafsirkan lebih lanjut senyuman Anies soal posisi Wagub yang kosong.

Ia hanya mengatakan bahwa seseorang akan terlihat lebih sedih jika tak memiliki pasangan.

"Ya kalian saja yang tafsirkan. Masa orang senyum pusing. Kalau senyum itu enggak ada yang pusing. Kalau pusing cemberut, puyeng. kalau senyum tenang-tenang saja," tegas dia.

Anies  sebelumnya mengatakan tak mempunyai kewenangan untuk memilih wakil gubernur DKI. Ia menegaskan bahwa kewenangan memilih wakil gubernur ada di partai pengusung dan DPRD DKI. Pada Pilkada DKI 2017 lalu, Anies yang berpasangan dengan Sandiaga Uno diusung oleh PKS dan Gerindra.

"Gubernur tidak memiliki kewenangan sedikitpun Undang-undangnya tidak sedikitpun memberikan kewenangan pada gubernur," kata Anies di DPRD DKI Jakarta, Senin (22/7).

Anies mengatakan selalu melaksanakan tugasnya. Contohnya saat ia diminta meneruskan dua nama Agung Yulianto dan Ahmad Syaikhu ke DPRD DKI Jakarta. Anies mengaku langsung memberikan surat permohonan ke dewan.

"Tugas saya sudah ditunaikan begitu terima surat, langsung saya antarkan. Jadi kita lihat saja semoga akan tuntas," tegas dia.

Terakhir Anies berharap nama Wagub rampung sebelum berganti tahun. Ia berseloroh ingin bergantian berbicara di depan media.

"Jangan tahun depan, dong. Minimal enggak bisa gantian doorstop gitu," tutup Anies.
[Gambas:Video CNN] (sah/wis)