Peminat Rumah DP 0 Punya Porsche, Anies Ingin Sesuai Kriteria

CNN Indonesia | Kamis, 25/07/2019 15:51 WIB
Peminat rumah DP 0 rupiah memiliki kendaraan mewah seperti Alphard hingga Porsche. Anies Baswedan mengatakan peminat rumah tersebut harus memenuhi kriteria. Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyatakan warga yang ingin memiliki rumah DP 0 Rupiah harus memenuhi kriteria. (CNN Indonesia/Hesti Rika)
Jakarta, CNN Indonesia -- Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyatakan warga yang ingin memiliki rumah DP 0 Rupiah harus memenuhi kriteria. Hal ini menanggapi peminat rumah DP 0 Rupiah yang memiliki kendaraan mewah seperti Alphard hingga Porsche.

"Sudah ada sosialisasinya, harus sesuai kriteria yang ada. Ada semua tercatat di situ, Anda lihat saja di dalam persyaratan minimal maksimal dan lain-lain," ujar Anies saat ditemui di Grand Sahid, Jakarta, Kamis (25/7).


Syarat itu di antaranya adalah warga yang tidak pernah menerima subsidi rumah, warga yang berpenghasilan Rp4 juta sampai Rp7 juta per bulan, dan prioritas bagi yang sudah menikah.


Anies menuturkan warga yang memang berminat membeli rumah DP 0 Rupiah dapat langsung mengecek persyaratan lebih lanjut ke website maupun kantor wali kota setempat.

"Jadi alhamdulillah program berjalan sesuai rencana, bagi masyarakat yang berminat bisa lihat langsung ke website atau langsung kantor, baik dinas perumahan atau kantor wali kota," katanya.


Pemerintah provinsi DKI Jakarta sebelumnya menyatakan ada 1.790 warga yang lulus verifikasi untuk memiliki unit di Klapa Village. Namun, dari para peminat ada yang tak lolos seleksi karena memiliki kendaraan mewah seperti Alpahrd hingga Porsche.

Hal itu diidentifikasi dari Dinas Perumahan DKI saat melakukan penelusuran aset dan keuangan di Badan Pajak dan Retribusi Daerah (BPRD) DKI Jakarta. Semua peminat yang memiliki barang mewah tersebut tidak diloloskan oleh tim seleksi.

Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Fasilitasi Pemilikan Rumah Sejahtera, Dzikran Kurniawan, sebelumnya menyatakan ada sejumlah peminat rumah DP 0 rupiah yang memiliki kendaraan mewah seperti Alphard, Porsche, hingga Harley Davidson.

Hal itu diidentifikasi Dinas Perumahan DKI saat melakukan penelusuran aset dan keuangan di Badan Pajak dan Retribusi Daerah (BPRD) DKI Jakarta.

"Dari data yang kita cek cukup banyak juga, pendaftar yang memiliki kendaraan seperti Alphard, Porche warna merah, kemudian Porche Boxter, kemudian ada juga yang memiliki motor Harley Davidson, jadi itu faktanya," kata Dzikran di Balai Kota DKI Jakarta, Rabu (24/3).


[Gambas:Video CNN] (psp/pmg)