DKI Raih Penghargaan Tim Pengendali Inflasi Terbaik

CNN Indonesia | Jumat, 26/07/2019 03:25 WIB
Pemerintah Provinsi DKI Jakarta meraih penghargaan sebagai Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) terbaik se-Jawa dan Bali 2018. Gubernur Anies Baswedan mengatakan bahwa DKI mendapatkan penghargaan ini berkat kerja sama yang baik antara BUMD dan Pemprov DKI. (CNN Indonesia/Hesti Rika)
Jakarta, CNN Indonesia -- Pemerintah Provinsi DKI Jakarta meraih penghargaan sebagai Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) terbaik se-Jawa dan Bali 2018.

Dalam acara pemberian penghargaan pada Kamis (25/7), Gubernur Anies Baswedan mengatakan bahwa DKI meraih pencapaian ini karena kerja sama yang baik antara Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) DKI dengan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta.

"Ini adalah sebuah kerja kolektif semua terlibat dan Pemprov DKI, Bank Indonesia (BI), kemudian juga dengan BUMD kita yang bekerja hand in hand," kata Anies dalam acara penyerahan penghargaan di sela Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Pengendalian Inflasi 2019, Jakarta.
Anies menjelaskan setidaknya ada 3 BUMD yang terus bekerja sama untuk pengendalian inflasi, yaitu PD Pasar Jaya, Tjipinang Food Station, dan PD Dharma Jaya. Ketiganya, kata Anies, menjalankan perencanaan yang baik untuk mengendalikan inflasi.


PD Pasar Jaya menangani seluruh pasar di Ibu Kota, sementara Tjipinang Food Station adalah BUMD yang menangani beras, dan Dharma Jaya menangani soal pasokan daging.

BUMD itu dipercaya untuk memasok kebutuhan warga DKI dan menyalurkan ke masyarakat kembali melalui sejumlah program.
"Kata kuncinya adalah perencanaan yang matang dalam pengendalian harga di dalam antisipasi atas kebutuhan dan memastikan pasokan atas kebutuhan itu terpenuhi dengan baik. Distribusi baik dan komunikasinya baik," tutur Anies.

Selain itu, Anies mengatakan bahwa DKI memiliki kerja sama dengan daerah-daerah tangan pertama penghasil kebutuhan pokok. Ia mencontohkan DKI kerap mengambil telur dari daerah Blitar. 

"Pasokan komoditas tertentu, kita telur dari Blitar, dengan adanya kerja sama seperti itu, maka ini bisa memastikan adanya supply yang tidak terganggu," ujar Anies.
Terakhir, Anies memastkan setiap instansi memiliki komunikasi yang baik. Pelibatan semua komponen dianggap bisa menjadikan harga kebutuhan pokok tetap stabil.

"Jadi, komunikasi yang baik, perencanaan yang mapan, pelibatan semua komponen yang baik, dan menjangkau sumber masukan kebutuhan pokok itu yang menjadi kunci. Alhamdulilah, kita bersyukur dapat penghargaan sebagai TPID terbaik," kata Anies. (ctr/has)