FOTO: Rumah DP Nol Rupiah, Solusi Tinggal di Ibu Kota

CNN Indonesia, CNN Indonesia | Minggu, 28/07/2019 07:28 WIB

Jakarta, CNN Indonesia -- Sebanyak 1.790 warga DKI Jakarta lolos seleksi program rumah DP Rp 0. Prioritas diberikan pada mereka yang telah berkeluarga.

Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Pemukiman DKI Jakarta memastikan 1.790 orang pemohon lolos seleksi program solusi rumah warga atau Samawa. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Program Samawa atau program rumah DP 0 rupiah merupakan program fasilitasi pembiayaan oleh Pemerintah Provinsi untuk mengatasi masalah kepemilikan rumah. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menegaskan, para pendaftar akan diseleksi lagi sebelum diputuskan layak menjadi penghuni. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Sejak November 2018, Pemprov DKI telah menerima 2.359 pemohon yang mendaftar. Namun, setelah proses seleksi dan verifikasi dokumen, hanya diterima 1.790 dan ada 569 pemohon yang tidak lolos. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Prioritas pertama adalah mereka yang telah menikah atau berkeluarga. Pasalnya. program ini adalah untuk rumah pertama keluarga. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Warga yang telah lolos tahap seleksi administrasi akan diminta untuk melengkapi berkas permohonan pengajuan kredit dan memilih unit hunian mulai 27 Juli sampai 4 Agustus 2019. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Saat ini ada dua tipe utama [tipe 36 dan 21] dan lima sub-tipe yang dapat dipilih di lokasi Rusunami Klapa Village yang terletak di Jalan H. Naman, Pondok Kelapa, Jakarta Timur. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Harga tiap unit bervariasi, dari Rp184 juta untuk tipe paling kecil hingga Rp310 juta untuk tipe 36 yang dilengkapi dengan dua kamar tidur. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Pembangunan fisik oleh Sarana Jaya hanya tinggal menunggu penyelesaian sarana dan prasarana pendukung fasilitas publik, antara lain lift, taman, musala, ruang terbuka, serta parkir motor dan parkir terbatas mobil. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Direncanakan Rusunami Klapa Village dengan down payment (DP) Rp 0 di Pondok Kelapa, Jakarta Timur, bisa dihuni pada Agustus mendatang. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)