SOKSI Dukung Bamsoet Jadi Ketum Golkar Periode 2019-2024

fnr, CNN Indonesia | Senin, 29/07/2019 22:52 WIB
SOKSI Dukung Bamsoet Jadi Ketum Golkar Periode 2019-2024 Calon Ketua Umum Partai Golkar Bambang Soesatyo. (CNN Indonesia/Hesti Rika)
Jakarta, CNN Indonesia -- Organisasi sayap Partai Golkar, Sentral Organisasi Karyawan Swadiri Indonesia (SOKSI) menyatakan dukungan kepada Bambang Soesatyo (Bamsoet) untuk menjadi Ketua Umum (Ketum) Golkar periode 2019-2024.

Pelaksana tugas (Plt) Ketua Umum SOKSI Bobby Suhardiman mengatakan Golkar sebagai partai politik modern harus segera berbenah. Menurutnya, Musyawarah Nasional (Munas) Golkar mendatang merupakan momentum untuk menyusun strategi mengembalikan kejayaan Golkar.

"Munas 2019 menjadi momentum bagi seluruh elemen Partai Golkar untuk mengerahkan segala kemampuan dalam merancang langkah-langkah strategis untuk mengembalikan kejayaan Partai Golkar," ujar Bobby lewat keterangan tertulisnya, Senin (29/7).


Sementara itu, Sekretaris Jenderal SOKSI Ichaan Firdaus menyampaikan hasil rapimnas melahirkan tiga poin penting terkait Munas Golkar.

Pertama, mendorong setiap kader terbaik Golkar untuk maju sebagai calon ketua umum di Munas mendatang.

Kedua, merekomendasikan kader terbaik SOKSI, Bamsoet, menjadi ketua umum Golkar periode mendatang. Serta ketiga, menginstruksikan semua kader di seluruh Indonesia untuk menjalankan dan mengamankan keputusan itu.

"Saatnya SOKSI menunjukkan perannya yang lebih jelas dan konkret bagi masa depan Golkar.

Menyikapi dukungan itu, Bamsoet mengatakan langkahnya maju sebagai caketum Golkar semakin mantap. Ia menegaskan tidak akan mundur dan akan terus maju menjadi caketum Golkar.

"Sekali layar terkembang, surut kita berpantang. Sekali merdeka tetap merdeka. Sekali di udara tetap di udara. Merdeka! Maju terus, pantang mundur," ujarnya.

Airlangga Klaim Dukungan 87 Persen

Pesaing Bamsoet, Airlangga Hartarto pada hari yang sama mengklaim telah mengantongi sekitar 87 persen secara nasional dukungan dari kader berlambang pohon beringin. Dengan bekal itu Airlangga pun optimistis akan terpilih kembali menjadi menjadi Ketua Umum Golkar periode 2019-2024. 

"Secara nasional sudah lebih dari 87 persen," ujar Airlangga dalam acara deklarasi dukungan terhadapnya oleh DPD Golkar Sumut di Medan.

Deklarasi dukungan Sumut dan Aceh disebut Airlangga semakin menguatkan posisinya. Ia mengklaim telah menguasai seluruh DPD di Sumatera. Apalagi, seluruh pengurus partai tingkat daerah di Sumut membuat pernyataan dukungan secara tertulis dan diserahkan langsung ke Airlangga.

"Kita belum bisa pastikan akan terpilih secara aklamasi. Ya, kita lihat sambil berkembang terus," kata dia.

Sebelumnya, Airlangga juga telah mendapat dukungan dari organisasi sayap Golkar lain, Musyawarah Kekeluargaan Gotong Royong (MKGR).

Ketum MKGR Roem Kono mengatakan alasan pihaknya mendukung Airlangga adalah karena Golkar memerlukan figur pemimpin yang mempunyai kapasitas dalam memperhatikan seluruh elemen guna memperkuat Partai Golkar hingga 2024 mendatang.

Ia berharap kepemimpinan Airlangga nantinya melahirkan solidaritas sehingga Golkar memenangkan Pemilu 2024 mendatang.

"Malam ini, (MKGR) berkumpul mendukung Airlangga menjadi Ketum 2019-2024," kata Roem dalam acara Deklarasi yang berlangsung di Hotel Sultan, Jakarta, Jumat (12/7) malam.

Munas Partai Golkar rencananya digelar pada Desember mendatang. Airlangga diperkirakan akan berebut suara sengit dengan Bambang Soesatyo yang kini masih menduduki kursi Ketua DPR RI. 

[Gambas:Video CNN] (mts/wis)