Gunung Kerinci Erupsi, Tinggi Abu Capai 800 Meter

CNN Indonesia
Rabu, 31 Jul 2019 14:33 WIB
Badan Geologi mengimbau jalur penerbangan sekitar Gunung Kerinci dihindari karena sewaktu-waktu memiliki potensi letusan abu yang dapat mengganggu penerbangan Ilustrasi Gunung Kerinci. (Foto: Dok. BNPB)
Jakarta, CNN Indonesia -- Gunung Kerinci yang terletak di Jambi mengalami erupsi pada Rabu (31/7) siang ini pukul 12.48 WIB. Tinggi kolom abu erupsi sekitar 800 meter di atas puncak, berdasarkan catatan Badan Geologi Kementerian ESDM.

"Kolom abu teramati berwarna kelabu dengan intensitas sedang condong ke arah timur laut dan timur," demikian keterangan resmi dari Badan Geologi.

Gunung Kerinci yang memiliki ketinggian 3.805 meter di atas permukaan laut saat ini berada pada Status Level II (Waspada).


Badan Geologi mengimbau masyarakat sekitar Gunung Kerinci dan wisatawan tidak mendaki dan beraktivitas dalam radius 3 km dari kawah aktif yang berada di puncak gunung. 

Badan Geologi juga mengimbau jalur penerbangan di sekitar Gunung Kerinci dihindari.

"Karena sewaktu-waktu masih memiliki potensi letusan abu dengan ketinggian yang dapat mengganggu jalur penerbangan," tulis Badan Geologi dalam peringatannya.

(wis/wis)
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER