Akun Twitter TNI Unggah Komik soal Bahaya LGBT

CNN Indonesia | Jumat, 02/08/2019 17:58 WIB
Akun Twitter TNI Unggah Komik soal Bahaya LGBT Ilustrasi LGBT. (REUTERS/Kham)
Jakarta, CNN Indonesia -- Pusat Penerangan TNI lewat akun twitternya yang telah terverifikasi, @Puspen_TNI mengunggah sebuah komik strip berisi soal Lesbian, Gay, Biseksual, dan Transgender (LGBT). Dalam komik strip itu juga menjelaskan risiko dari praktik LGBT.

Komik strip itu menampilkan tiga tokoh yakni dua remaja masing-masing bernama Abeng dan Meilan, serta seorang bernama Binsa. @Puspen_TNI mengunggahnya pada Jumat (2/8), pukul 12.28 WIB.





Dalam komik itu Abeng memamerkan penampilannya yang ia sebut sebagai Lelaki Gagah Berwajah Tam[v]an atau LGBT. Lantas, Meilan mengingatkan Abeng soal pemilihan akronim LGBT itu.

Akun Twitter TNI Cuitkan Bahaya LGBTFoto: Screenshot via Twitter/@Puspen_TNI
Dialog antara Abeng dan Meilan kemudian diinterupsi oleh kedatangan sosok berpakaian loreng khas tentara yang bernama Binsa. Kepada Abeng dan Meilan, Binsa menjelaskan akronim LGBT.

"Loh LGBT Itu... Artinya Lesbian, Gay, Biseksual, dan Transgender. Makanya jangan asal nyebut, Beng... Lesbian itu perempuan pecinta perempuan, gay laki-laki pecinta laki-laki biseksual itu punya ketertarikan pada laki-laki dan perempuan, serta transgender itu identitas gendernya berbeda dengan jenis kelamin saat dia lahir, seperti waria," kata Binsa. 

Binsa menambahkan LGBT bisa disebabkan oleh faktor keturunan, lingkungan, atau trauma masa kecil.

Lebih lanjut Binsa menjelaskan risiko yang didapat jika menjadi LGBT.

"Itu bisa mendatangkan beberapa risiko bagi kesehatan dan menjadi salah satu faktor penyebab penyakit menular seksual (PMS) seperti HIV AIDS," katanya.

Ketika dikonfirmasi, Kapuspen TNI Brigjen Sisriadi menyatakan komik tersebut merupakan upaya penerangan semata kepada masyarakat.

"Hanya memberikan penerangan kepada masyarakat. Bukan bagian program TNI," katanya kepada CNNIndonesia.com melalu sambungan telepon hari ini.

[Gambas:Video CNN] (wis)