Galang Donasi Gempa, Jokowi-JK Senam Bareng Keluarga Menteri

tim, CNN Indonesia | Minggu, 04/08/2019 09:24 WIB
Galang Donasi Gempa, Jokowi-JK Senam Bareng Keluarga Menteri Jokowi dan keluarga Menteri serta mantan Menteri berolahraga bersama (CNN Indonesia/Ulfa Arieza)
Jakarta, CNN Indonesia -- Ada pemandangan menarik di Istana Kepresidenan Bogor pada Minggu (4/8) pagi. Jajaran menteri Kabinet Kerja Joko Widodo (Jokowi)-Jusuf Kalla hingga mantan menteri berkumpul di halaman istana.

Namun, kedatangan mereka kali ini bukan untuk mengadakan rapat kerja seperti biasanya. Para penggawa Kabinet Kerja itu berkumpul dalam suasana lebih santai untuk melakukan Gathering Keluarga Kabinet Kerja Solidaritas Tanpa Batas. 

Para menteri pun tak datang sendirian. Mereka tampak mengajak serta pasangan, anak-anak, serta cucu-cucunya. Mereka kompak mengenakan kaos berwarna putih dan celana hitam. 


Menteri Koordinator (Menko) Politik, Hukum, dan Keamanan (Polhukam) Wiranto misalnya, ia datang bersama 11 orang anggota keluarganya. 


"Tadi saya datang jam 06.30 WIB dengan cucu dan anak saya ada 11 orang," kata Wiranto ketika ditanya MC. 

Sementara itu, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi mengaku bangun pagi sejak 04.30 WIB demi mengikuti acara tersebut. 

Tak cuma yang berdomisili di Jakarta, namun mantan Menteri Sosial yang saat ini menjabat sebagai Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa jauh-jauh datang dari Jawa Timur bersama 4 orang anggota keluarganya. 

Menko Kemaritiman Luhut Panjaitan menyambut baik acara ini. Ia mengatakan keluarganya sangat menikmati acara gathering itu.

"Ini kan hampir selesai kabinet pertama dan akan masuk kepada kabinet kedua. Ini sudah lama dirancang, saya kira bagus sekali. Mereka semua anak-anak cucu senang," katanya. 


Menteri Sekretaris Negara Pratikno mengatakan acara tersebut sudah dirancang jauh-jauh hari. Acara itu, lanjutnya, bukan sekadar gathering namun diisi dengan kegiatan penggalangan dana untuk korban gempa Banten. 

"Nanti panitia akan memberikan kesempatan bapak ibu untuk memberikan donasi. Ini sebagai bentuk solidaritas kepada saudara kita yang terkena musibah gempa," katanya saat membuka acara. 

Acara gathering diawali dengan pembagian doorprize kepada cucu-cucu menteri. Tepat pada pukul 08.05 WIB kegiatan resmi dibuka dengan acara senam bersama. Jokowi-JK yang kompak memakai kaos putih dan celana olahraga hitam, lebur bersama menteri beserta keluarganya mengikuti senam tersebut.

Usai senam, rombongan yang hadir menyantap makanan yang disediakan. Acara dilanjutkan dengan perlombaan, seperti makan kerupuk, sepak bola, dan lain-lain. 

Selain jajaran menteri Kabinet Kerja, tampak mantan menteri Jokowi-JK. Mereka adalah mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan yang saat ini menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN) atau Kepala Bappenas Adrinof Chaniago, mantan Sekretaris Kabinet Andi Widjajanto, mantan Menteri Sosial yang saat ini menjabat sebagai Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, dan Mantan Kapolri Badrodin Haiti.   (ulf/chs)