Jokowi: Mbah Moen Kiai Karismatik, Gigih Jaga NKRI

CNN Indonesia | Selasa, 06/08/2019 12:04 WIB
Jokowi: Mbah Moen Kiai Karismatik, Gigih Jaga NKRI Presiden Jokowi saat bertemu Mbah Moen, beberapa waktu lalu. (Dok. Istimewa)
Jakarta, CNN Indonesia -- Presiden Joko Widodo (Jokowi) berduka cita atas meninggalnya Pimpinan Pondok Pesantren Al-Anwar Sarang, Rembang, KH Maimun Zubair alias Mbah Moen. Jokowi menyebut Mbah Moen sebagai sosok kiai karismatik.

Jokowi mengatakan bahwa Mbah Moen selalu menjadi rujukan bagi umat Islam terutama dalam masalah fikih. Ia juga mengenal sosok Mbah Moen yang selalu gigih menyampaikan pesan untuk menjaga NKRI.

"Beliau adalah kiai karismatik, kiai yang selalu menjadi rujukan-rujukan bagi umat islam, terutama dalam hal fikih, dan beliau juga sangat gigih dalam menyampaikan masalah NKRI harga mati," kata Jokowi di Istana Negara, Jakarta, Selasa (6/8).


Jokowi mengatakan masyarakat Indonesia sangat kehilangan Mbah Moen yang meninggal dunia saat menunaikan ibadah haji di Makkah, Arab Saudi, pagi tadi.

"Saya atas nama pemerintah, seluruh rakyat Indonesia kita semua betul betul berbela sungkawa, atas wafatnya beliau," ujarnya.

Mantan wali kota Solo itu berdoa agar Mbah Moen diterima di sisi Allah SWT. Ia juga berdoa agar keluarga yang ditinggalkan diberikan kesabaran dan keikhlasan.

"Semoga bisa diterima di tempat yang terbaik di sisi Allah SWT dan keluarga yang ditinggalkan diberikan kesabaran dam keikhlasan," tuturnya.

[Gambas:Video CNN] (fra/arh)