FOTO : Kabut Asap Karhutla Ancam Kesehatan Warga

Antara Foto,, CNN Indonesia | Kamis, 08/08/2019 06:40 WIB

Jakarta, CNN Indonesia -- Sebagian wilayah di Sumatera berselimut kabut asap karena kebakaran hutan dan lahan (karhutla). Kabut asap juga mulai mengganggu kesehatan warga.

Kebakaran terjadi di kawasan gambut di desa Pulau Semambu, Ogan Ilir, Sumatera Selatan. Tampak seorang warga tengah memadamkan api dengan alat sederhana. (ANTARA FOTO/Ahmad Rizki Prabu)
Kebakaran hutan dan lahan menyebabkan kabut asap di sejumlah wilayah seperti yang terjadi di Kumpeh Ulu, Muarojambi, Jambi. (ANTARA FOTO/Wahdi Septiawan)
Petugas Manggala Agni Daops Kota Jambi berjibaku memadamkan api. Tampak seorang petugas membawa selang saat mengupayakan pemadaman kebakaran lahan gambut di Kumpeh Ulu, Muarojambi, Jambi. (ANTARA FOTO/Wahdi Septiawan)
Kebakaran lahan gambut juga terjadi di di Desa Peulanteun, Kecamatan Bubon, Aceh Barat, Aceh. Petugas terus berupaya memadamkan api. (ANTARA FOTO/Syifa Yulinnas)
Personel TNI dari Kodim 0301 Pekanbaru juga membantu memadamkan api yang membakar semak belukar di lahan gambut. Selain dengan air, pemadaman juga dilakukan dengan cara sederhana yakni dengan ranting pohon. (ANTARA FOTO/Rony Muharrman)
Pantauan dari udara kebakaran lahan gambut di kawasan Pemulutan Kabupaten Ogan Ilir, Sumsel, Senin (5/8/2019). ANTARA FOTO/Mushaful Imam
Karena kebakaran hutan, tol Indralaya-Palembang tertutup kabut asap. Petugas sampai harus mengatur lalu lintas saat terjadi kabut asap akibat kebakaran lahan gambut di Desa Pulau Semembu, Indralaya Utara, Ogan Ilir, Sumatra Selatan, Senin (5/8/2019). (ANTARA FOTO/Ahmad Rizki Prabu)
Warga tetap beraktifitas meski dikepung kabut asap. Tampak sejumlah pelajar menembus kabut asap saat menuju ke sekolah mereka di kawasan jalan Desa Suak Timah, Samatiga, Aceh Barat, Aceh, Selasa (30/7/2019). (ANTARA FOTO/Syifa Yulinnas)
Kabut asap mulai menggaggu kesehatan warga. Petugas medis bersama dewan guru mengangkat siswa korban kabut asap untuk mendapatkan perawatan medis di Puskesmas Cot Seumeureung, Kecamatan Samatiga, Aceh Barat, Aceh, Selasa (30/7/2019). (ANTARA FOTO/Syifa Yulinnas)
Sebanyak enam orang siswa terpaksa dilarikan ke Pukesmas Cot Seumeureung, Kecamatan Samatiga, Aceh Barat, Aceh terdekat karena mengalami gangguan pernafasan yang ditimbulkan akibat kabut asap. (ANTARA FOTO/Syifa Yulinnas)