Anggota DPR Dijemput ke KPK Terkait Suap Impor Bawang Putih

CNN Indonesia | Kamis, 08/08/2019 15:46 WIB
Seorang anggota DPR dibawa oleh penyidik KPK ke gedung KPK, Kamis (8/8) sekitar pukul 14.30 WIB. Diduga anggota DPR itu dijemput terkait suap impor bawang. Juru Bicara KPK Febri Diansyah. (CNN Indonesia/Andry Novelino)
Jakarta, CNN Indonesia -- Anggota Komisi VI DPR asal Fraksi PDI Perjuangan, Nyoman Dhamantra dibawa sejumlah penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Kamis (8/8).

Dhamantra turun dari mobil kijang Innova berwarna abu-abu di depan pintu masuk gedung KPK, Kuningan Jakarta, Kamis (8/8) sekitar pukul 14.30 WIB.

Ketika turun dia yang menggunakan sweater hitam dan sepatu putih langsung dikawal oleh seorang pria untuk memasuki gedung KPK. 


Juru Bicara KPK Febri Diansyah mengatakan anggota DPR itu dijemput di Bandara Soekarno Hatta oleh penyidik lembaga antirasuah.

"Dijemput di Bandara Soekarno Hatta," katanya.
KPK melakukan Operasi Tangkap Tangan (OTT) terhadap 11 orang diduga terkait impor bawang putih. Dalam OTT itu, KPK menyita bukti transfer sebesar Rp2 miliar.

KPK menduga uang itu rencananya diberikan kepada salah satu anggota Komisi VI DPR RI. Hal itu karena satu dari 11 orang yang terjaring OTT merupakan orang kepercayaan staf anggota Komisi VI DPR.

"Uang diduga rencana diberikan untuk seorang anggota DPR-RI dari Komisi yang bertugas di bidang Perdagangan, Perindustrian, Investasi," ujar Febri Diansyah.

Selain bukti transfer Rp2 miliar, dari orang kepercayaan anggota DPR juga ditemukan sejumlah uang dalam pecahan mata dollar Amerika Serikat.
(ugo/ugo)