Sandiaga: Kalau Prabowo Baper Tak Datang ke Kongres

CNN Indonesia | Kamis, 08/08/2019 19:45 WIB
Sandiaga Uno mengatakan Prabowo Subianto berjiwa besar karena hadir di kongres PDIP yang digelar di Bali. Kehadiran Prabowo, menurutnya demi kemajuan bangsa. Sandiaga Uno. (CNN Indonesia/Andry Novelino)
Jakarta, CNN Indonesia -- Sandiaga Uno mengaku tidak mempermasalahkan kehadiran Ketua Umum Prabowo Subianto yang juga tandemnya di pilpres 2019, Prabowo Subianto hadir di acara kongres PDIP di Bali.

Sandi menyebut kedatangan Prabowo di Kongres V PDIP sebagai sebuah langkah positif untuk membuka peluang berdiskusi demi kemajuan bangsa.

Menurutnya, kedatangan di Kongres V PDIP itu menunjukkan bahwa Prabowo adalah sosok yang berjiwa besar, bukan yang bawa perasaan alias baperan.

"Dia selalu mengedepankan kepentingan bangsa dan negara. Jadi kalau baperan itu enggak datang, kalau Prabowo enggak sama sekali, beliau melihat ini peluang untuk membuka satu upaya bersama banyak permasalahan bangsa," kata Sandi di Kompleks Parlemen, Jakarta, Kamis (8/8).
Terkait kemungkinan Gerindra bergabung dalam koalisi parpol pendukung Jokowi-Ma'ruf, Sandi menyerahkan keputusan terkait hal tersebut kepada jajaran elite di Gerindra dan PDIP. 


"Saya menyerahkan pembicaraan itu di elite-elite Gerindra dan PDIP tentunya," kata mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta itu.
Prabowo hadir di kongres PDIP. (CNN Indonesia/Safir Makki)
Sementara itu, Wakil Ketua Umum DPP Partai Gerindra Fadli Zon mengatakan partainya belum memutuskan untuk bergabung dalam koalisi partai politik pendukung Joko Widodo-Ma'ruf Amin, meskipun Prabowo hadir di kongres PDIP.

Menurutnya, Gerindra masih mempertimbangkan efektivitas posisi di pemerintahan mendatang, apakah lebih efektif di dalam dengan bergabung dalam parpol koalisi pendukung Jokowi-Ma'ruf atau menjadi oposisi. 

"Saya kira sikap kami mengedepankan kepentingan nasional. Bahwa nanti ada di dalam pemerintahan atau di luar pemerintahan itu belum kami putuskan finalnya," kata Fadli kepada wartawan di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta pada Kamis (8/8).

Dia menjelaskan kedatangan Prabowo di Kongres V PDIP merupakan silaturahmi politik yang biasa dilakukan, terlebih Prabowo memiliki hubungan dan komunikasi yang baik dengan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri selama ini. 

"Dari dulu saya sering mengatakan memang Prabowo punya hubungan baik dengan semua tokoh nasional, apalagi mantan presiden dan ketua umum partai, hubungannya baik," ucapnya. 
Prabowo tiba di Arena Kongres V PDIP di Hotel Grand Inna Beach, Bali dengan mengenakan kemeja batik berwarna cokelat dan celana hitam pada Kamis (8/8) pukul 12.35 WIB. Ia datang bersama Wakil Ketua Umum Gerindra Edhy Prabowo.

Prabowo sendiri tak banyak bicara dan langsung masuk menuju arena Kongres V PDIP. Ia hanya melemparkan senyum sembari memberi salam. 

Kedatangan rombongan Prabowo pun disambut dengan tari pendet di sisi kanan dan kiri jalan menuju ke lobi Hotel Grand Inna Beach.

[Gambas:Video CNN] (mts/DAL)