Polisi Tangkap 7 Pelaku Penipuan Emas Palsu

CNN Indonesia | Jumat, 09/08/2019 01:23 WIB
Polisi Tangkap 7 Pelaku Penipuan Emas Palsu Ilustrasi. (Istockphoto/menonsstocks)
Jakarta, CNN Indonesia -- Polres Metro Jakarta Selatan menangkap tujuh pelaku penipuan bermodus emas palsu. Penangkapan dilakukan di dua tempat berbeda yakni Jatijajar dan Pekanbaru.

Tujuh orang yang telah ditangkap itu berinisial A (20), R (21), SD (43), S (52), LY (19), F (25), dan FR (53).

"Dengan tersangka lainnya masih DPO," tutur Kasat Reskrim Polres Jakarta Selatan Kompol Andi Sinjaya melalui pesan tertulis, Kamis (8/8).



Andi menuturkan, para tersangka memperoleh uang dengan cara menggadaikan perhiasan yang sudah disepuh terlebih dahulu dengan lapisan emas ke UPC Pegadaian di daerah Ragunan, Jakarta Selatan.

Andi mengungkapkan, sepuhan emas yang dibuat pelaku itu terlihat rapi sehingga bisa digadaikan di Pegadaian.

"(Sedemikian bagus) cara mereka melapis atau menyepuh emas ini. Sehingga tidak bisa dipastikan dari awal bahwa ini emas palsu," ujarnya.

Dari penipuan tersebut, kata Andi, telah timbul kerugian mencapai Rp800.170.000 terhitung dari periode 10 April-21 Mei 2019.

Dalam kasus ini polisi menyita barang bukti berupa lima buah perhiasan kalung dan tiga gelang yang sudah disepuh emas, lima lembar formulir aplikasi pegadaian, dan lima lembar surat bukti gadai.

selain itu juga disita satu unit mobil warna silver, perhiasan berwarna keemasan, dan satu buah kotak perhiasan warna merah, serta kartu identitas tersangka.

Atas perbuatan mereka, seluruh tersangka dikenakan Pasal 378 KUHP dengan ancaman hukuman maksimal empat tahun penjara.




(ryn/kid)