Hasto Tegaskan Siap Bila Kembali Ditunjuk Sekjen PDIP

CNN Indonesia | Jumat, 09/08/2019 14:24 WIB
Hasto Tegaskan Siap Bila Kembali Ditunjuk Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto siap jika kembali dipercaya untuk jadik Sekretaris Jenderal PDIP. (CNN Indonesia/Hesti Rika)
Jakarta, CNN Indonesia -- Politikus Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan Hasto Kristiyanto mengaku siap bila ditunjuk kembali menjadi Sekretaris Jenderal PDIP. Struktur PDIP akan ditentukan oleh Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri selaku formatur tunggal.

"Dalam konteks sejarah partai, sebagai partai pelopor, ya kami itu harus siap ditugaskan apa pun," kata Hasto di lokasi Kongres V PDIP di Grand Inna Beach Bali, Jumat (9/8).

Hasto mengatakan dirinya menyerahkan sepenuhnya keputusan soal jabatan Sekjen partai berlambang banteng itu kepada Megawati selaku Ketua Umum. Terlebih, menurut Hasto, banyak kader yang cukup berpotensi menduduki posisi Sekjen.


Ia menyebut nama politikus PDIP Ahmad Basarah yang dinilainya cocok menduduki posisi Sekjen. Pasalnya, kata Hasto Basarah memiliki rekam jejak yang mumpuni.

"Semuanya baik, Pak Ahmad Basarah juga sosok yang Wakil Ketua MPR, kemudian doktor ideologi Pancasila ya. Sebagai partai pelopor, kita memerlukan kepemimpinan yang sangat memahami ideologi seperti itu," ujar Hasto.

Sementara itu, politikus PDIP lainnya Andreas Hugo Pareira mengatakan bahwa struktur partai akan diumumkan oleh Megawati esok. Ia mengaku belum mengetahui struktur partai yang akan diumumkan oleh Megawati esok.

"Kalau di PDI Perjuangan kita semua ya, ketika ketua umum mengumumkan baru kita tahu," ujar Andreas.

Kongres V PDIP di Bali 8-10 Agustus telah mengukuhkan Megawati kembali menjabat Ketua Umum PDIP. Dengan demikian kepengurusan DPP PDIP periode 2015-2019 telah didemisioner.

Megawati akan memilih kembali pengurus DPP PDIP periode 2019-202, termasuk sekjen, yang kemudian diumumkan pada Sabtu (10/8) besok. (sah/wis)