PDIP Berharap Dapat Menteri Bidang Pertanian dan Perdesaan

CNN Indonesia | Jumat, 09/08/2019 16:14 WIB
PDIP Berharap Dapat Menteri Bidang Pertanian dan Perdesaan Politikus PDIP Masinton Pasaribu. (CNN Indonesia/Hesti Rika)
Jakarta, CNN Indonesia -- Politikus PDIP Masinton Pasaribu menyatakan partainya berharap mendapatkan jatah kursi menteri pertanian dan menteri perdesaan di kabinet Joko Widodo-Ma'ruf Amin. Hal itu lantaran banyak konstituen PDIP sektor tersebut.

"Kalau kami sih berharap portofolio pertanian pedesaan itu ya PDI perjuangan karena di sana banyak konstituennya," kata Masinton di Bali, Jumat (9/8).

Lebih lanjut, Masinton mengatakan soal posisi menteri semua tergantung dengan keputusan Presiden. Ia pun tidak menyebut secara pasti siapa sosok yang pas untuk mengisi posisi itu.


Sementara itu, Ketua DPD PDIP nonaktif Puan Maharani menyatakan bahwa Ketua Umum Megawati Soekarnoputri sudah mengantongi nama kandidiat yang akan duduk di kursi menteri pemerintahan Joko Widodo-Ma'ruf Amin.

"Nama sudah ada di kantong ketua umum ya tapi nanti lah masih Oktober masih lama," kata Puan di Hotel Grand Inna Bali Beach, Jumat (9/8).

Saat ditanya siapa saja kandidat itu, Puan enggan merinci. Hanya saja, kata Puan, sudah ada lebih dari 10 nama yang bakal menjadi kadidat menteri kabinet Jokowi-Ma'ruf.

"Ya lebih dari 10 lah. Kan kemarin presiden bilang bahwa Insya Allah PDIP akan mendapatkan posisi lebih banyak karena memang suaranya lebih banyak dan merupakan partai pemenang pemilu," kata Puan.

Megawati sebelumnya telah meminta secara hormat kepada Presiden Joko Widodo agar partai yang dipimpinnya mendapat jatah kursi menteri terbanyak. Mega beralasan PDIP telah dua kali memenangkan pemilu dan menjadi pengusung utama Jokowi.

Permintaan Mega yang disampaikan langsung di acara Kongres V PDIP itu direspons positif oleh Jokowi. Dia menjanjikan jatah kursi terbanyak untuk PDIP.

[Gambas:Video CNN] (sah/wis)