KPK Geledah Rumah Eks Sekretaris Pribadi Soekarwo di Surabaya

CNN Indonesia | Jumat, 09/08/2019 19:08 WIB
KPK Geledah Rumah Eks Sekretaris Pribadi Soekarwo di Surabaya KPK menggeledah rumah eks Sespri mantan Gubernur Jatim Soekarwo, Karsali. (CNN Indonesia/Farid).
Jakarta, CNN Indonesia -- Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) kembali melakukan penggeledahan di Surabaya, Jawa Timur, Jumat (9/8). Kali ini KPK menggeledah rumah Karsali, eks Sekretaris Pribadi mantan Gubernur Jawa Timur, Soekarwo.

Pantauan CNNIndonesia.com di lokasi, di depan rumah Karsali yang terletak di Sakura Regency Blok AA Nomor 12 A, Surabaya, terparkir tiga mobil Toyota Innova berwarna hitam, berjajar.

Salah satu petugas keamanan perumahan Sakura Regency, Karmani, yang juga mengikuti proses penggeledahan di dalam rumah Karsali membenarkan bahwa penyidik lembaga antirasuah tersebut tengah menggeledah.


"Iya dari KPK pakai rompi, di dalam, ada enam orang (penyidik)," kata Karmani, kepada wartawan.

Para penyidik tersebut, kata Karmani nampak melakukan pemeriksaan dan penggeledahan di sejumlah ruangan yang ada di rumah dua lantai itu.

"Keluar masuk ruangan," kata Karmani.

Selain itu ada pula 4 petugas kepolisian yang melakukan penjagaan di dalam rumah tersebut. Mereka juga mengenakan seragam dan bersenjata lengkap.

Lebih lanjut, sang tuan rumah, Karsali sedang tak berada di lokasi. Menurut Karmani, saat ini Karsali tengah bertolak ke luar kota.

"Nggak ada di rumah, ke luar kota, refreshing," kata dia.

Selain mantan ajudan Soekarwo, Karsali juga merupakan mantan Komisaris Bank UMKM Jawa Timur, dan kini diketahui tengah menjabat sebagai Komisaris PT PWU Jatim.

CNNIndonesia.com juga mencoba menghubungi Karsali melalui telepon dan pesan singkat namun nomor telepon selulernya tidak aktif.
Sementara itu Juru Bicara KPK Febri Diansyah membenarkan bahwa timnya tengah melakukan penggeledahan di rumah mantan Sekretaris Pribadi Gubernur Soekarwo, Karsali.

"Tim sudah bergerak ke rumah Karsali. Saat ini penggeledahan masih berlangsung," kata Febri melalui pesan singkat

Selain itu tim KPK juga telah melakukan penggeledahan di dua rumah lain, yaitu rumah mantan Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda Jatim) Zainal Abidin dan Budi Juniarto.

"Sedang berlangsung geledah di rumah Zinal abidin Jalan Asem nomor 1. Saat ini juga sedang rekonstruksi di rumah Budi Juniarto," ujar dia.

Sebelumnya KPK juga sudah menggeledah Kantor BPKAD Jatim dan rumah Kepala Dinas Perhubungan Jatim, , Fattah Jasin.

[Gambas:Video CNN] (frd/osc)