FOTO: Memaknai Ikhlas pada Ritual Pemotongan Hewan Kurban

Antara Foto,, CNN Indonesia | Minggu, 11/08/2019 17:25 WIB

Jakarta, CNN Indonesia -- Ritual pemotongan hewan kurban dimaknai sebagai keikhlasan berbagi dan untuk menambah ketakwaan umat Muslim.

Hari Raya Idul Adha dirayakan dengan berkurban yang sifatnya sunah. Suasana pemotongan hewan kurban di kawasan kelurahan Palmeriam, kecamatan Matraman, Jakarta, Minggu, 11 Agustus 2019. (CNN Indonesia/Bisma Septalisma)
Seekor sapi kurban yang lepas berada di dalam sebuah toko di Pekanbaru, Riau, Minggu (11/8/2019). Sapi kurban yang akan dipotong saat Idul Adha ini lepas dan lari sejauh tiga kilometer hingga masuk ke dalam salah satu toko milik warga. (ANTARA FOTO/Rony Muharman)
Allah memberikan sejumlah keutamaan bagi orang yang berkurban. Warga memasukan sapi ke dalam alat perebah sapi sebelum penyembelihan di Masjid Agung, Solo, Jawa Tengah (ANTARA FOTO/Mohammad Ayudha)
Salah satu keutamaan itu adalah ampunan untuk keluarganya. Suasana pemotongan hewan kurban di kawasan kelurahan Palmeriam, kecamatan Matraman, Jakarta, Minggu, 11 Agustus 2019. (CNN Indonesia/Bisma Septalisma)
Berkurban juga dapat menyucikan atau membersihkan harta dan rezeki yang telah diperoleh. Suasana pemotongan hewan kurban di kawasan kelurahan Palmeriam, kecamatan Matraman, Jakarta, Minggu, 11 Agustus 2019. (CNN Indonesia/Bisma Septalisma)
Warga bergotong royong menyembelih dan memotong daging sapi pada hari raya kurban Idul Adha di Desa Ilie Ulee Kareng, Banda Aceh, Aceh, Minggu (11/8/2019). Daging kurban tersebut dibagikan kepada anak yatim, fakir dan miskin. (ANTARA FOTO / Irwansyah Putra)
Di samping menjadi salah satu bentuk rasa syukur atas nikmat yang telah diberikan. Umat muslim menata daging kurban di atas daun jati sebelum didistribusikan di Masjid Margoyuwono, Panembahan, Keraton, Yogyakarta, Minggu (11/8/2019). (ANTARA FOTO/Andreas Fitri Atmoko)
Warga mengemas daging kurban menggunakan wadah atau besek yang terbuat dari anyaman bambu di Kelurahan Kaliwungu, Jombang, Jawa Timur, Minggu (11/8/2019). Hal ini dilakukan untuk mengurangi sampah plastik sehingga lebih ramah lingkungan. (ANTARA FOTO/Syaiful Arif)
Umat Islam yang berkurban dapat lebih mendekatkan diri kepada Allah dan meningkatkan ketakwaan. Sejumlah warga beramai-ramai membersihkan jeroan daging hewan kurban di Sungai Palu, Sulawesi Tengah, Minggu (11/8/2019). (ANTARA FOTO/Basri Marzuki)
Suasana pemotongan hewan kurban di Masjid Cut Meutia, Jakarta, Minggu, 11 Agustus 2019. (CNN Indonesia/Bisma Septalisma)
Suasana pemotongan hewan kurban di Masjid Cut Meutia, Jakarta, Minggu, 11 Agustus 2019. (CNN Indonesia/Bisma Septalisma)
Suasana pemotongan hewan kurban di Masjid Istiqlal, Jakarta, Minggu, 11 Agustus 2019. Masjid Istiqlal menggunakan besek rotan sebagai wadah utama daging kurban sesuai dengan instruksi gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan. (CNN Indonesia/Bisma Septalisma)
Santri saat bakar sate massal di Pondok Pesantren (Ponpes) Tebuireng Jombang, Jawa Timur, Minggu (11/8/2019). Tradisi nyate bareng setiap hari raya Idul Adha tersebut untuk mempererat rasa kebersamaan di antara para santri Pesantren Tebuireng. (ANTARA FOTO/Syaiful Arif)