Anies Instruksikan PNS Upacara 17 Agustus di Pulau Reklamasi

CNN Indonesia | Selasa, 13/08/2019 14:49 WIB
Anies Instruksikan PNS Upacara 17 Agustus di Pulau Reklamasi Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menerbitkan instruksi gubernur pelaksanaan upacara kemerdekaan 17 Agustus di Pulau Reklamasi. (CNN Indonesia/Daniela Dinda).
Jakarta, CNN Indonesia -- Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan akan melaksanakan upacara Hari Ulang Tahun ke-74 Kemerdekaan Republik Indonesia pada Sabtu, 17 Agustus mendatang di salah satu pulau reklamasi, tepatnya di Kawasan Pantai Maju.

Anies juga menginstruksikan Aparatur Sipil Negara (ASN) atau Pegawai Negeri Sipil (PNS) di lingkungan Balai Kota dan sejumlah Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) atau dinas untuk mengikuti upacara tersebut di sana.

Hal itu ditandai dengan keluarnya Instruksi Gubernur DKI Jakarta nomor 71 tahun 2019 dan 72 tahun 2019 tentang Pelaksanaan Upacara Peringatan HUT ke-74 Kemerdekaan Republik Indonesia Tahun 2019. Aturan itu menginstruksikan para PNS dari lima wilayah kota administratif untuk wajib mengikuti upacara.


Kepala Badan Kepegawaian Daerah DKI Chaidir membenarkan instruksi tersebut. Ia menyatakan ASN di beberapa SKPD diwajibkan hadir.

"Benar (ada instruksi upacara ke kawasan Pantai Maju)," kata Chaidir kepada CNNIndonesia.com, Selasa (13/8).

Dalam aturan yang dikeluarkan, tercatat bahwa upacara dilaksanakan pada 17 Agustus 2019 pukul 07.30 WIB dengan tempat di Kawasan Pantai Maju, Kota Administrasi Jakarta Utara. 
Lewat Ingub, Anies Upacara 17 Agustus di Pulau ReklamasiGubernur DKI Jakarta Anies Baswedan saat meninjau pulau reklamasi. (ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto)

Para PNS yang wajib ikut, yakni yang bertugas di lingkungan Kompleks Balai Kota dan Kebon Sirih, Kompleks Gedung Dinas Teknis Jalan Abdul Muis, Kompleks Gedung Dinas Teknis Jalan Jati Baru, serta Dinas Pemberdayaan, Perlindungan Anak dan Pengendalian Penduduk DKI Jakarta.

Kemudian Dinas Pemuda dan Olahraga, Dinas Sosial, Dinas Kesehatan, Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan, serta Unit Pengelola Kawasan Monas.

"(Para PNS itu) Agar mengikuti Upacara Peringatan Hari Ulang Tahun ke-74 Kemerdekaan Republik Indonesia di Kawasan Pantai Maju, Kota Administrasi Jakarta Utara," tegas Anies dam peraturan tersebut.

Selain itu, Anies juga menginstruksikan upacara HUT ke-74 Kemerdekaan RI turut digelar di setiap Kantor Wali Kota/Kabupaten Administrasi Kepulauan Seribu dan Suku Dinas.

Setiap Perangkat Daerah/Unit Kerja pada Perangkat Daerah yang berkantor di Kompleks Perkantoran Pemerintah Provinsi DKI Jakarta juga diminta menyelenggarakan upacara.

"Melaksanakan upacara pada waktu yang sama di tempat masing-masing diikuti oleh seluruh Pegawai dengan berpedoman pada ketentuan yang berlaku dan bertindak sebagai lnspektur Upacara Kepala Perangkat Daerah/Unit Kerja pada Perangkat Daerah (SPD/UPD) yang ditunjuk secara bergiliran, sesuai situasi dan kondisi setempat," tutup dia.

Sebelumnya, Anies mendapat banyak kritik terkait pemilihan tempat untuk melaksanakan upacara, salah satunya dari anggota Komisi A DPRD DKI Gembong Warsono. Gembong menilai Anies sengaja memilih tempat yang kontroversi untuk melaksanakan upacara.

"Padahal upacara itu harus khusyuk. Kenapa harus memilih tempat kontroversi. Kan di Jakarta masih banyak tempat lain," jelas Gembong.

[Gambas:Video CNN] (ctr/osc)