Jokowi Sebut 45 Persen Menteri dari Parpol, 55 Profesional

Yoko Sari, CNN Indonesia | Rabu, 14/08/2019 15:21 WIB
Jokowi Sebut 45 Persen Menteri dari Parpol, 55 Profesional Presiden terpilih Joko Widodo. (CNN Indonesia/Feri Agus Setyawan)
Jakarta, CNN Indonesia -- Presiden terpilih Joko Widodo alias Jokowi menyatakan komposisi kabinet selanjutnya bakal lebih banyak diisi kalangan profesional ketimbang partai politik.

Jokowi menyebut porsi untuk menteri dari kalangan profesional adalah 55 persen, sedangkan kalangan parpol 45 persen. 

"Kabinet sudah final. Komposisi 45 parpol, 55 profesional," ujar Jokowi dalam pertemuan Dewan Pemimpin Redaksi di Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (14/8).


Jokowi menyebut nama-nama menteri telah disampaikan kepada Ketua Umum partai politik pengusungnya di Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019.

"Partai sudah diberitahu nama-nama anggota kabinet," katanya.
Lebih lanjut mantan wali kota Solo itu mengatakan, susunan kabinet di periode mendatang diharapkan mampu mencapai target yang ditentukan Jokowi.

Ia menginginkan para menteri itu dapat bekerja cepat secara fokus dan terukur.  Jika tak memenuhi target, Jokowi tak segan untuk melakukan reshuffle. 

"Kabinet yang diharapkan adalah yang bisa kerja cepat, fokus, terukur. Kalau enggak berhasil ya di-reshuffle," ucap Jokowi. 
Dari sisi usia, Jokowi juga membocorkan bahwa nantinya ada menteri yang berusia di bawah 30 tahun.

"Menteri ada yang usianya 25, di bawah 30, dan di bawah 35 tahun," ujar Jokowi.

Terkait jumlah kementerian, Jokowi menyatakan tidak akan banyak berubah. Jumlah kementerian, menurutnya tetap 34 kementerian. Namun, kata dia, ada Kementerian yang dilebur dan kementerian baru.
[Gambas:Video CNN] (ugo)