Jokowi soal Kabinet Baru: Semakin Cepat Diumumkan Lebih Baik

CNN Indonesia | Rabu, 14/08/2019 19:43 WIB
Jokowi soal Kabinet Baru: Semakin Cepat Diumumkan Lebih Baik Presiden Joko Widodo. (CNN Indonesia/Feri Agus Setyawan).
Jakarta, CNN Indonesia -- Presiden Joko Widodo mengatakan masyarakat maupun pasar sedang menanti pengumuman kabinet baru pemerintahan periode keduanya. Jokowi menyebut semakin cepat kabinet diumumkan bakal semakin baik.

"Kalau kita lihat masyarakat menunggu, pasar juga menanti. Sehingga sebetulnya, semakin cepat diumumkan semakin baik," kata Jokowi usai menghadiri upacara Peringatan Hari Pramuka ke-58, di Cibubur, Jakarta Timur, Rabu (14/8).

Presiden terpilih itu mengaku masih menunggu momentum untuk mengumumkan susunan kabinet barunya. Menurut Jokowi, dirinya juga melihat apakah sudah mendesak kabinet baru diumumkan.


"Ya kita melihat momentumnya, melihat mendesak atau tidak mendesak kebutuhan itu, kita lihat lah," ujarnya.

Jokowi mengungkapkan komposisi kabinet baru nanti terdiri 45 persen unsur partai politik dan 55 persen kalangan profesional. Ia juga menyebut ada anak muda yang masuk dalam kabinet barunya.

"Ada yang muda dan setengah muda, campur campur lah, ada yang setengah tua, ada juga," tuturnya.

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu pun menyebut ada perubahan nomenklatur kementerian dalam kabinet barunya. Menurut Jokowi, terdapat kementerian yang dilebur menjadi satu maupun muncul kementerian baru, meski secara jumlah kementerian sama dari periode sebelumnya.

"Nanti kalau sudah waktunya tahu semuanya. Jangan nebak-nebak," katanya.

[Gambas:Video CNN] (fra/osc)