Demokrat Klaim Tetap Dukung Jokowi Meski Tak Raih Kursi

CNN Indonesia | Kamis, 15/08/2019 16:25 WIB
Demokrat Klaim Tetap Dukung Jokowi Meski Tak Raih Kursi Politikus Partai Demokrat Nurhayati Ali Assegaf. (CNN Indonesia/Christie Stefanie)
Jakarta, CNN Indonesia -- Wakil Ketua Umum Partai Demokrat Nurhayati Assegaf memastikan partainya tetap mendukung pemerintahan Joko Widodo-Ma'ruf Amin selama lima tahun ke depan meski tak mendapatkan jatah kursi menteri di kabinet.

Ia menegaskan bahwa Demokrat menghargai hak prerogatif Jokowi untuk memilih para menteri.

"Ketika kita sudah menyatakan kita bersama pemerintah apapun keputusan pemerintah akan kita hargai khususnya presiden Jokowi selaku presiden terpilih ya hak prerogatif presiden. Jadi kita bukan masalah kita dapat atau tak dapat kursi," kata Nurhayati di Kompleks MPR/DPR, Senayan, Jakarta, Kamis (15/8).


Lebih lanjut, Nurhayati menyebut Demokrat sudah berkali-kali mengirim sinyal adanya keinginan untuk bergabung mendukung pemerintah.

Meski begitu, ia mengklaim tak pernah menyodorkan nama-nama kadernya untuk menjadi menteri kepada Jokowi.

"Jadi kami hargai apapun yang akan diputuskan oleh pak Jokowi tentunya," kata dia.

Nurhayati mengaku hubungan Demokrat dengan Jokowi saat ini berlangsung sangat baik. Ia mengatakan komunikasi yang dilakukan Demokrat terus berjalan dengan Jokowi maupun dengan partai politik lainnya.

"Kan tadi Pakde Karwo (Soekarwo, eks Ketua DPD Partai Demokrat Jawa Timur) diminta jadi [komisaris] PT Semen Indonesia. Jadi kan juga banyak kader-kader utama kita dan nanti kita lihat saja apa yang diputuskan oleh presiden," kata dia.

[Gambas:Video CNN] (rzr/arh)