Jokowi Bakal Undang 2 Siswi SMA Penemu Obat Kanker Payudara

CNN Indonesia | Kamis, 15/08/2019 21:47 WIB
Jokowi Bakal Undang 2 Siswi SMA Penemu Obat Kanker Payudara Presiden Jokowi berencana mengundang dua siswi SMA yang menemukan kayu bajakah untuk obat kanker payudara(CNN Indonesia/Feri Agus Setyawan)
Jakarta, CNN Indonesia -- Presiden Joko Widodo (Jokowi) berencana mengundang para siswi SMAN 2 Kota Palangkaraya, Kalimantan Tengah yang berhasil menemukan kayu bajakah untuk obat penyakit kanker payudara. Dia memuji temuan peneliti-peneliti muda tersebut.

Dua siswa SMAN 2 Palangkaraya mendapat penghargaan berupa Gold Medals di ajang World Invention Creativity (WICO) pada Juli lalu di Seoul, Korea Selatan atas inovasinya menemukan kayu bajakah sebagai obat kanker payudara.

"Yang penting ketemu anak-anaknya dulu. Seperti apa sehingga kita tahu hubungan apa yang sudah diberikan pemerintah pusat kepada para peneliti-peneliti muda ini," tutur Jokowi di Kompleks Gedung MPR/DPR, Jakarta kemarin.


"Iya nanti (diundang ke istana) bareng sama yang lain," lanjutnya.
Jokowi mengaku kagum dengan capaian siswi-siswi SMA tersebut. Dia menganggap itu sebagai penemuan yang besar.

Ke depannya, dia mengatakan bakal ada penelitian lebih lanjut secara lebih mendetail.

"Saya kira ini sebuah riset yg dilakukan anak-anak menemukan penemuan besar. Tapi itu kan baru nanti ada tindak lanjut menuju ke sebuah penelitian yang lebih detail," kata Jokowi di Kompleks MPR/DPR, Jakarta, Kamis (15/8).

Dua siswi SMAN 2 Palangkaraya, Kalimantan Tengah Aysa Aurealya Maharani dan Anggina Rafitri meraih juara dunia setelah menemukan obat kanker payudara dari batang tunggal kayu bajakah. Mereka mendapat Gold Medals di ajang World Invention Creativity (WICO) pada Juli lalu.
Inovasi itu mereka dituangkan dalam bentuk bubuk yang siap diseduh dan diminum.

Gubernur Kalimantan Tengah Sugianto Sabran bahkan segera mematenkan penemuan tersebut agar tak dipatenkan oleh negara lain.

Kedua siswi juga bakal mendapat penghargaan dari Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) berupa ikon Prestasi Pancasila. Rencananya, penghargaan akan diberikan pada 19 Agustus mendatang.
[Gambas:Video CNN]

Selain itu, Aysa dan Anggina pun bakal memperoleh penghargaan dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud). Penghargaan bakal diberikan dalam waktu dekat. (rzr/ugo)