Tjahjo Kumolo Turuti Kemauan Megawati soal Kursi Menteri

CNN Indonesia | Kamis, 15/08/2019 22:50 WIB
Tjahjo Kumolo Turuti Kemauan Megawati soal Kursi Menteri Menteri Dalam Negeri Tjahyo Kumolo menghadiri peringatan HUT PDI Perjuangan ke-46 di JIExpo Kemayoran, Jakarta, 10 Januari 2019. (CNN Indonesia/Hesti Rika)
Jakarta, CNN Indonesia -- Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo mengatakan tak mau berspekulasi terkait nasibnya pada kabinet periode dua Joko Widodo (Jokowi).

Tjahjo berkata sebagai kader PDIP (Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan), ia memasrahkan nasibnya kepada Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri. Tjahjo mengatakan bakal menuruti segala keputusan Megawati terkait kursi menteri.

"Sebagai anggota partai juga sangat tergantung penilaian dari Ibu Ketua Umum PDI Perjuangan, Ibu Megawati Soekarnoputri, saya 'TNI' saja, taat nurut instruksi. Ditugaskan di mana saja atau tidak ditugaskan, saya tetap loyal pada prerogatif Presiden dan usulan dari Ibu Ketua Umum," kata Tjahjo melalui pesan singkat, Kamis (15/8).


Selain itu, Tjahjo juga mengatakan akan menuruti keputusan Jokowi. Sebab Jokowi paling berhak menilai kinerja Tjahjo selama lima tahun menjabat Mendagri.

Tjahjo berkali-kali menegaskan tak ada mendagri yang pernah menjabat lebih dari satu periode. Namun ia juga enggan membeberkan pos kementerian yang ia incar selain Kemendagri.

Meski begitu, Mantan Sekjen PDIP tersebut menegaskan ia tetap akan membantu pemerintahan meski tak masuk dalam jajaran menteri.

"Prinsipnya, di dalam pemerintahan atau di luar pemerintahan, saya tetap membantu penerintahan Pak Jokowi dan KH Ma'ruf ke depan yang didukung penuh PDI Perjuangan," ucapnya. (dhf/fea)