Aparat Kerahkan Kendaraan Lapis Baja Kawal Sidang Tahunan MPR

CNN Indonesia | Jumat, 16/08/2019 07:50 WIB
Aparat Kerahkan Kendaraan Lapis Baja Kawal Sidang Tahunan MPR Ilustrasi sidang tahunan MPR (2018). Sidang Tahunan MPR 2019 hari ini mengambil tema SDM Unggul, Indonesia Maju. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Jakarta, CNN Indonesia -- Ratusan aparat TNI/Polri tampak mulai disiagakan di sekitar Kompleks MPR/DPR, Senayan, Jakarta jelang gelaran Sidang Tahunan MPR 2019 pada Jumat (16/8). Sidang Tahunan MPR akan digelar pukul 08.25 WIB.

Berdasarkan pantauan CNNIndonesia.com, pengawalan aparat TNI-Polri juga dilengkapi puluhan kendaraan taktis lapis baja, mulai dari Baraccuda, Water Cannon, hingga kendaraan pengurai massa (Raisa).

"Untuk amankan sidang kali ya ini, kita siaga," kata salah satu petugas aparat yang berjaga.


Tak hanya aparat kepolisian dan TNI, ratusan pasukan Pengamanan Dalam (Pamdal) DPR turut disiagakan di seluruh titik kompleks MPR/DPR.

Kapolda Metro Jaya Irjen Gatot Eddy Pramono sebelumnya mengaku telah menerjunkan 7.500 personel untuk mengamankan kompleks parlemen.

"Kesatuan gabungan Brimob, Sabhara, dan Lalu Lintas," kata Gatot usai menghadiri acara di Perpustakaan Nasional, Jakarta, Kamis (15/8).

Presiden Jokowi bakal menyampaikan pidato dalam rangkaian Sidang Tahunan MPR tahun ini. pada sesi perdana, pidato Presiden Joko Widodo berkaitan dengan kinerja lembaga negara. Sementara itu pidato kedua berkaitan dengan kenegaraan, termasuk pidato HUT Kemerdekaan RI.

Pidato terakhir terkait dengan penyampaian Rancangan Anggaran Pendapatan Belanja Negara (RAPBN) 2020.

Sementara itu dari luar sidang, sejumlah aksi massa dikabarkan bakal diglelar saat Sidang Tahunan MPR 2019. Salah satunya dari kalangan buruh. Mereka di antaranya KPBI, KASBI, KSN, SGBN, Federasi Pekerja Pelabuhan Indonesia, Jaringan Komunikasi SP Perbankan, dan Sekolah Mahasiswa Progresif. Semua tergabung dalam Gerakan Buruh Bersama Rakyat (Gebrak).



[Gambas:Video CNN] (rzr/ain)