Presiden Jokowi, JK dan Ma'ruf Tiba di Sidang Tahunan MPR

CNN Indonesia | Jumat, 16/08/2019 08:18 WIB
Presiden Jokowi, JK dan Ma'ruf Tiba di Sidang Tahunan MPR Presiden Joko Widodo (Jokowi). (CNN Indonesia/ Feri Agus Setyawan)
Jakarta, CNN Indonesia -- Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) akan menggelar Sidang Tahunan, Jumat (16/8). Acara sidang tahunan MPR RI kali ini mengambil tema 'SDM Unggul, Indonesia Maju'.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan menyampaikan pidato dalam tiga sesi selama acara tahunan ini.

Pantauan CNNIndonesia.com di lokasi, Jokowi telah tiba di Kompleks MPR/DPR. Mantan wali kota Solo itu tiba sekitar pukul 07.55 WIB. Jokowi yang mengenakan setelan jas itu didampingi Ibu Negara Iriana Joko Widodo.


Jokowi dan Iriana langsung bergegas masuk ke Gedung Nusantara.
Selang lima menit, Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) dan Muffidah Kalla tiba di Kompleks MPR/DPR. JK dan Muffidah juga langsung bergegas menuju Gedung Nusantara.

Sebelum Jokowi dan JK hadir, wakil presiden terpilih Ma'ruf Amin datang lebih dahulu. Ma'ruf tiba sekitar pukul 07.35 WIB.

Jokowi akan menyampaikan pidato dalam tiga sesi selama acara yang berlangsung mulai pukul 08.25 WIB. Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR), Bambang Soesatyo mengatakan rangkaian sidang akan dibagi dalam tiga sesi.

"Kita berharap acara ini akan berlangsung khidmat dalam rangka memperingati hari kemerdekaan 17 Agustus," kata Bamsoet di Kompleks MPR/DPR, kemarin.
Dalam susunan rangkaian acara yang diterima pewarta, pada sesi perdana, Ketua MPR Zulkifli Hasan akan secara resmi membuka sidang, dilanjutkan pidato Jokowi mengenai kinerja lembaga negara.

Agenda tersebut digelar di ruang rapat Paripurna MPR yang berada di gedung 'Kura-kura' kompleks MPR/DPR.

Selanjutnya, pada sesi kedua dibuka oleh Ketua Dewan Perwakilan Daerah Oesman Sapta Odang (OSO). Jokowi akan kembali menyampaikan pidato kenegaraan dalam rangka hari ulang tahun (HUT) ke-74 Kemerdekaan Republik Indonesia. Sesi kedua ini akan dimulai pada pukul 10.00 WIB.

Sesi terakhir Jokowi akan pidato dalam rangka penyampaian Rancangan Anggaran Pendapatan Belanja Negara (RAPBN) 2020 pada pukul 13.45 WIB. Acara terakhir itu akan dibuka oleh pidato dari Ketua DPR Bambang Soesatyo.
(fra/ain)