Sidang Tahunan, Jokowi Waspadai Ideologi yang Ancam Pancasila

CNN Indonesia | Jumat, 16/08/2019 10:54 WIB
Sidang Tahunan, Jokowi Waspadai Ideologi yang Ancam Pancasila Presiden Joko Widodo saat menyampaikan pidato di Sidang Tahunan MPR, Jumat (16/8). (REUTERS/Willy Kurniawan)
Jakarta, CNN Indonesia -- Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyatakan Indonesia tidak takut terhadap era keterbukaan yang kini menyelimuti dunia. Jokowi dalam pidato kenegaraan di Sidang Tahunan MPR mengajak semua pihak menghadapi keterbukaan dengan penuh kewaspadaan terhadap ideologi lain yang mengancam Pancasila.

"Kita hadapi keterbukaan dengan kewaspadaan. Kewaspadaan terhadap ideologi lain yang mengancam ideologi bangsa," kata Jokowi dalam pidato HUT ke-74 Kemerdekaan RI di depan Sidang Bersama DPD dan DPR, Kompleks Parlemen, Jakarta, Jumat (16/8).

Jokowi menyatakan semua pihak juga perlu waspada terhadap adab dan budaya lain yang tidak sesuai dengan kearifan bangsa Indonesia.


Termasuk, kata Jokowi, menjaga kewaspadaan terhadap apapun yang mengancam kedaulatan bangsa dan negara.
Mantan gubernur DKI Jakarta itu menyebut dunia tidak semata sedang berubah, namun juga sedang terdisrupsi. Menurutnya, di era disrupsi ini kemapanan bisa runtuh dan ketidakmungkinan bisa terjadi.

Tak hanya itu, Jokowi mengatakan arus komunikasi serta interaksi yang semakin mudah dan terbuka harus dimanfaatkan sekaligus diwaspadai. Menurutnya, pengetahuan dan pengalaman yang positif juga jauh lebih mudah diperoleh.

"Kemudahan arus komunikasi dan interaksi juga membawa ancaman: ancaman terhadap ideologi kita Pancasila, ancaman terhadap adab sopan santun kita, ancaman terhadap tradisi dan seni budaya kita, serta ancaman terhadap warisan kearifan-kearifan lokal bangsa kita," ujarnya.
[Gambas:Video CNN] (fra/ain)