Jokowi: Sayalah yang Memimpin Lompatan Kita Bersama

CNN Indonesia | Jumat, 16/08/2019 11:15 WIB
Jokowi: Sayalah yang Memimpin Lompatan Kita Bersama Suasana Sidang Tahunan MPR, Jumat (16/8). (REUTERS/Willy Kurniawan)
Jakarta, CNN Indonesia -- Presiden Joko Widodo (Jokowi) meyakini Visi Indonesia ke depan akan membuat bangsa Indonesia mampu melakukan lompatan kemajuan. Indonesia, kata Jokowi dalam pidato kenegaraan di Sidang Bersama DPD/DPR, akan mampu mengalahkan bangsa lain dalam hal kemajuan.

Jokowi pun menyatakan dirinya yang akan memimpin langsung lompatan bangsa Indonesia tersebut. Sikap tersebut sesuai dalam sistem pemerintahan Indonesia, presiden bertindak sebagai kepala negara merangkap kepala pemerintahan.

"Sayalah yang memimpin lompatan kemajuan kita bersama," ujar Jokowi saat menyampaikan pidato kenegaraan di Sidang Bersama DPD dan DPR RI, Jumat (16/8).


Mantan Gubernur DKI Jakarta itu juga meminta semua pihak agar optimistis dan dapat bekerja keras demi mencapai lompatan kemajuan tersebut.
Namun demikian, Jokowi mengingatkan bahwa tercapainya visi Indonesia Maju bukan hanya karya presiden dan wakil presiden. Visi Indonesia tercapai juga bukan karya lembaga eksekutif, legislatif maupun yudikatif. Menurutnya, keberhasilan Indonesia juga tak lepas dari karya pemimpin agama, budayawan, hingga para pendidik.

"Keberhasilan Indonesia adalah juga karya pelaku usaha, buruh, pedagang, inovator maupun petani, nelayan dan UMKM, serta karya seluruh anak bangsa Indonesia," ucapnya.

Dalam kesempatan tersebut Jokowi juga juga menyinggung peran seluruh partai politik dalam mencapai kemajuan tersebut. Jokowi menyebut seluruh partai politik, tanpa terkecuali memiliki peran yang sama untuk kemajuan bangsa.

"Peran PDIP, Golkar, dan Nasdem, PKB dan PPP, Perindo, PSI dan Hanura, PBB, dan PKPI. Dan jangan lupa juga peran Gerindra, PKS dan Demokrat serta PAN, Partai Berkarya dan Partai Garuda," tutur Jokowi.
[Gambas:Video CNN]


(psp/fra/rzr/ain)