FOTO: Serba-serbi Sidang Tahunan MPR

Reuters & Antara Foto & CNN Indonesia, CNN Indonesia | Jumat, 16/08/2019 16:25 WIB

Jakarta, CNN Indonesia -- Sidang Tahunan MPR 2019 dan Sidang Bersama DPR-DPD menampilkan pidato kenegaraan dan penyampaian nota keuangan oleh Presiden Jokowi dan dihadiri para tokoh.

Sidang tahunan MPR, di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat (16/8), dihadiri oleh semua pimpinan lembaga negara dan istri. (CNN Indonesia/ Adhi Wicaksono)
Tak ketinggalan, para mantan presiden dan keluarganya diundang ke gelaran tahunan ini, seperti Presiden kelima RI yang juga Ketua Umum PDIP Megawati Soekarno Puteri (kanan) dan isteri Presiden keempat RI Abdurrahman Wahid alias Gus Dur, Sinta Nuriyah Wahid (berkursi roda). (CNN Indonesia/ Adhi Wicaksono)
Eks cawapres Sandiaga Uno (kanan), yang hadir di Sidang Tahunan MPR mewakili mantan capres Prabowo Subianto, mengaku bangga disapa langsung oleh Jokowi dalam pidato kenegaraannya. (CNN Indonesia/ Adhi Wicaksono)
Wakil presiden terpilih 2019-2024 Ma'ruf Amin tampil dengan pakaian adat Betawi saat menghadiri Sidang Tahunan MPR. Sandiaga Uno pun menyebutnya tampak gagah dan ganteng. (CNN Indonesia/ Adhi Wicaksono)
Sejumlah menteri Kabinet Kerja melengkapi daftar undangan Sidang Tahunan MPR di tengah kabar penyusunan kabinet Jokowi-Ma'ruf yang baru. (ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan/ama).
Presiden Jokowi berpidato kenegaraan dengan menggunakan baju adat suku Sasak, NTB. Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah pun mengaitkannya dengan kekalahan Jokowi di NTB pada Pilpres 2019. (ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan/ama)
Ketua DPD Oesman Sapta Odang (ketiga kiri) turut berpidato dalam Sidang Bersama DPD-DPR di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat (16/8). Ia mengaku mendukung rencana Jokowi memindakan ibu kota ke Kalimantan. (ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan/ama)
Di tengah keseriusan pidato para tokoh politik, sejumlah anggota parlemen tampak berfoto bersama mengabadikan momen kehadirannya di sidang tahunan itu. (REUTERS/Willy Kurniawan)
Dalam pidato kenegaraannya, Presiden Jokowi meminta lembaga negara tidak alergi terhadap kritik, meminta izin pemindahan ibu kota, serta menyinggung peran parpol, baik pendukungnya maupun oposisi. (ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan/ama)
Kehadiran Presiden Jokowi di sidang tahunan dimanfaatkan oleh para anggota parlemen untuk berfoto bersama. (REUTERS/Willy Kurniawan)