Area Upacara HUT RI di Pulau Reklamasi Mulai Ditutup

CNN Indonesia | Jumat, 16/08/2019 18:28 WIB
Area Upacara HUT RI di Pulau Reklamasi Mulai Ditutup Gladi resik Upacara HUT Ke-74 RI di Pulau Reklamasi, Jumat (16/8). (CNN Indonesia/Michael Josua Stefanus)
Jakarta, CNN Indonesia -- Akses menuju lokasi upacara peringatan hari ulang tahun (HUT) kemerdekaan RI ke-74 di pulau reklamasi, tepatnya Pantai Maju mulai ditutup untuk umum pada Jumat (16/8).

Berdasarkan pantauan, lokasi upacara sudah mulai dihiasi ornamen-ornamen peringatan kemerdekaan, seperti bendera merah putih. Saat CNNIndonesia.com mencoba masuk ke area upacara, seorang petugas keamanan tak memberikan izin. Sejumlah plang di sekitar lokasi pun memperlihatkan tulisan 'Dilarang masuk'.
Hingga Jumat (16/8) sore, sejumlah pekerja masih melakukan pembenahan dan persiapan lokasi upacara. Mereka hendak memasang layar besar berukuran 3x7 meter dan beberapa tenda informasi.

Upacara akan dilaksanakan di salah satu di sebuah jalan cukup besar yang bersebelahan dengan lahan kosong di bibir pantai.


Di beberapa ruas jalan Pandai Indah Kapuk sudah, terdapat sejumlah plang atau papan petunjuk yang mengarahkan peserta menuju lokasi upacara.

okasi upacara kemerdekaan ke-74 RI di pulau reklamasi, tepatnya Pantai Maju.Lokasi upacara kemerdekaan ke-74 RI di Pantai Maju pulau reklamasi. (CNN Indonesia/ Michael Josua Stefanus)
Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) DKI Jakarta pun telah melaksanakan latihan di Pulau Reklamasi sejak Senin (12/8) dan telah dilantik secara resmi oleh Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

Selama proses latihan, Paskibraka harus beradaptasi dengan keadaan lingkungan yang berada di bibir pantai, dan juga suara bising dari penancapan paku bumi di sekitar lokasi upacara.

Sebelumnya, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan berinisiatif menggelar upacara di pulau hasil reklamasi lewat Instruksi Gubernur No. 71 dan 72 Tahun 2019 yang memerintahkan para Pegawai Negeri Sipil (PNS) atau Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemprov DKI untuk mengikuti upacara HUT ke-74 RI.

"Untuk menyimbolkan (reklamasi) kepemilikannya adalah milik negara, bukan pribadi, maka kita adakan upacara di sana sebagai simbol tanah air kita," kata Anies di DPRD DKI Jakarta, Rabu (14/8).

Dalam Pergub 71 disebutkan, upacara dimulai pukul 07.00 WIB di kawasan Pulau Reklamasi, Jakarta Utara. Untuk mobilitas ASN, DKI menyediakan transportasi untuk para PNS.

"Peserta Upacara di siapkan mobil bus untuk menuju lokas pelaksanaan Upacara Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia Tahun 2019, paling lambat pukul 05.30 WIB," instruksi Anies dalam peraturan tersebut.

Sejumlah pekerja tampak masih membenahi lokasi nuapcara.Sejumlah pekerja tampak masih membenahi lokasi upacara. (CNN Indonesia/ Michael Josua Stefanus)
Keputusan itu menuai kontroversi, terutama terkait sikap Anies yang sejak Pilkada DKI Jakarta 2017 yang menentang reklamasi.

Pada tahun lalu, upacara peringatan HUT RI diselenggarakan Pemprov DKI Jakarta di Lapangan Banteng.

[Gambas:Video CNN] (mjo/arh)