Jelang Upacara di Pulau Reklamasi, PNS Rela Tidur di Kantor

CNN Indonesia | Jumat, 16/08/2019 19:02 WIB
Jelang Upacara di Pulau Reklamasi, PNS Rela Tidur di Kantor Sejumlah pegawai negeri sipil (PNS) Pemrov DKI mengikuti upacara di Jakarta. (CNN Indonesia/Hesti Rika)
Jakarta, CNN Indonesia -- Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang bertugas di Balai Kota diinstruksikan mengikuti upacara 17 Agustus di Pulau Reklamasi. Beberapa pegawai rela tidur di kantor agar tidak terlambat. 

Hal ini sesuai Instruksi Gubernur DKI Jakarta Nomor 71 dan 72 tahun 2019 tentang Pelaksanaan Upacara Peringatan Hari Ulang Tahun ke-74 Kemerdekaan Republik Indonesia Tahun 2019.

Dalam instruksi itu disebutkan, upacara dimulai pukul 07.00 WIB di kawasan Pulau Reklamasi, Jakarta Utara. Terkait mobilitas PNS, Pemprov DKI menyediakan transportasi bagi para pegawainya.


"Peserta upacara disiapkan mobil bus untuk menuju lokasi pelaksanaan upacara Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia Tahun 2019, paling lambat pukul 05.30 WIB," instruksi Anies dalam peraturan tersebut.
Salah satu PNS di Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) berencana menginap di kantor. PNS yang enggan menyebut namanya itu berencana menginap di salah satu ruangan kantor SKPD bersama sejumlah rekannya.

"Sepertinya kami menginap di kantor. Nanti dari sini ikut bus yang dari IRTI, Monas," kata PNS tersebut.

PNS itu mengaku harus mengikuti upacara sebagai bentuk kewajiban menjalankan instruksi dari gubernur. Ia tak keberatan upacara dilaksanakan di kawasan Pantai Utara Jakarta.

"Kita ikut saja aturannya," ujarnya.
Selain itu, beberapa PNS Balai Kota rela menyewa penginapan di sekitar kawasan Pantai Indah Kapuk (PIK). Sejumlah PNS yang tinggal di kawasan Narogong, Bekasi, harus memesan penginapan mulai malam ini.

"Kalau saya naik kereta juga enggak ada akses ke sana. Paling dekat harus ke Kota terus menyambung lagi," kata PNS yang tak ingin disebutkan namanya kepada CNNIndonesia.com, Jumat (16/8).

Mereka berencana menginap di hotel yang dekat kawasan Pulau Reklamasi.

Kepala Biro Kerjasama Daerah Kerjasama Luar Negeri (KDH KLN) Mawardi mengatakan DKI menyediakan 75 bus bagi para PNS. Ada 12 titik penjemputan yang sudah disediakan oleh Pemprov DKI.

Beberapa di antaranya ialah di Balai Kota, Dinas Teknis Jatibaru, Dinas Teknis Abdul Muis, Dinas kesehatan, Dinas PM PTSP, serta Dinas Perpustakaan dan Kearsipan. Kemudian Dinas PAPP, Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan, Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan serta Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil.


[Gambas:Video CNN] (ctr/pmg)