HUT RI, Mobil Kepresidenan Era Soeharto Dipajang di Istana

CNN Indonesia | Sabtu, 17/08/2019 08:28 WIB
HUT RI, Mobil Kepresidenan Era Soeharto Dipajang di Istana Dua mobil kepresidenan era Presiden ke-2, Soeharto, dipajang di halaman belakang Istana Negara menjelang perayaan HUT ke-74 Kemerdekaan RI, Sabtu (17/8). (CNN Indonesia/Feri Agus Setyawan)
Jakarta, CNN Indonesia -- Dua mobil kepresidenan era Presiden ke-2, Soeharto, dipajang di halaman belakang Istana Negara, Jakarta, menjelang perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-74 Kemerdekaan RI pada Sabtu (17/8).

ditampilkan dalam perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-74 Kemerdekaan RI, Sabtu (17/8). Mobil merek Cadillac itu dipajang di halaman belakang Istana Negara, Jakarta.
Pantauan CNNIndonesia.com di lokasi, sedan tipe Fleetwood Brougham berwarna hitam itu dipasangi bendera merah putih ukuran kecil di bagian kap depan.

Keberadaan mobil kepresidenan ini langsung menarik perhatian tamu undangan yang akan mengikuti upacara. Mereka mengabadikan foto dua mobil tua itu. Tak ketinggalan, mereka juga berfoto di depan mobil keluaran 1980 itu.


Kepala Sekretariat Presiden (Setpres) Heru Budi Hartono mengatakan mobil Cadillac itu digunakan pada rentang waktu 1987 hingga 1990.
"Jadi yang pakai mobil ini presiden pada masa itu," ujar Heru di kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Jumat (16/8).

Menurut Heru, kedua mobil tersebut dipajang untuk menambah pengetahuan masyarakat tentang keberadaan kendaraan kepresidenan.

"Mereka bisa foto-foto di depan mobil ini," tuturnya.
Selain digunakan Soeharto, Cadillac Fleetwood Brougham itu juga pernah dipakai untuk acara kenegaraan seperti credential, yaitu penyerahan surat kepercayaan dari duta besar negara sahabat kepada pemerintah Indonesia.

Pada acara credential, mobil pabrikan Amerika Serikat itu digunakan untuk menjemput para perwakilan negara sahabat dari kediaman, kedutaan, atau hotel tempat duta besar mengingap, ke Istana Kepresidenan Jakarta.

Mobil itu mulai dioperasionalkan sejak era Soeharto sampai era BJ. Habibie. Setelah masa pemerintahan BJ. Habibie, mobil itu sudah tak digunakan lagi dan digantikan Mercedes Benz sampai sekarang. (fra/has)