Jelang Penurunan Bendera, Jokowi Sapa Masyarakat dari Istana

tim, CNN Indonesia | Sabtu, 17/08/2019 17:50 WIB
Jelang Penurunan Bendera, Jokowi Sapa Masyarakat dari Istana Presiden Joko Widodo. (Antara/Puspa Perwitasari)
Jakarta, CNN Indonesia -- Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyempatkan diri menyapa masyarakat yang berada di luar Istana Merdeka, sebelum Upacara Penurunan Bendera Negara Sang Merah Putih di halaman Istana Merdeka, Jakarta, Sabtu (17/8).

Pantauan CNNIndonesia.com di lokasi, Jokowi lebih dahulu menyapa masyarakat yang hadir di dalam Istana, saat solois Tulus bernyanyi di atas panggung.

Masyarakat langsung mencoba mendekati Jokowi yang berjalan didampingi Menteri Sekretaris Negara Pratikno dan Sekretaris Kabinet Pramono Anung. Tak ayal, masyarakat langsung mencoba mengajak Jokowi berfoto bersama.


Jokowi terus melangkah. Sekitar pukul 16.30 WIB, mantan wali kota Solo itu berjalan ke luar Istana. Ia keluar dari pintu gerbang utama di Jalan Medan Merdeka Utara.


Aksi Jokowi yang kini mengenakan setelan jas berwarna biru dongker itu terus mengundang antusias masyarakat yang mengikuti prosesi upacara dari luar Istana.

Ia terus berjalan menghampiri masyarakat yang menunggu di seberang Istana atau Jalan Medan Merdeka Utara. Jokowi kembali menyapa masyarakat yang dibatasi pagar beton.

Mantan gubernur DKI Jakarta itu kemudian menyapa masyarakat yang hanya bisa melihat upacara bendera dari luar Istana. Jokowi juga tak sungkan meladeni permintaan foto masyarakat.

Senyum terpancar selama Jokowi menyapa masyarakat di sela-sela upacara kemerdekaan. Setelah berjalan ke arah lampu lalu lintas Jalan Medan Merdeka Utara, Jokowi kembali masuk ke dalam Istana.


Saat berjalan masuk ke Istana, penyanyi solo Tulus menghampiri Jokowi. Mereka bersalaman. Jokowi kemudian mengajak Tulus masuk kembali ke Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta.

Jokowi tak langsung balik ke mimbar kehormatan. Ia kembali berjalan menghampiri masyarakat yang berada di sebelah kiri Istana Merdeka.

Masyarakat pun berusaha mendekat untuk bisa bersalaman ataupun berfoto bersama dengan orang nomor satu di Indonesia itu. Setelah itu, Jokowi berjalan menuju mimbar kehormatan.

Jokowi kembali menjadi inspektur upacara Penurunan Bendera Negara Sang Merah Putih sore hari ini.

Sementara anggota Pasukan Pengibar Bendera Pusuka (Paskibraka) yang bertugas pada upacara penurunan bendera adalah Tim Putih.


Pembawa bendera Merah Putih di Tim Putih dipercayakan kepada Aisyah Rahmawati dari Provinsi Bengkulu. Saat ini Aisyah menempuh pendidikan di SMA Negeri 3 Seluma.

Sementara tiga orang dari Kelompok 8 pada upacara sore ini adalah Muhammad Fany Nur Wibowo dari Provinsi Jawa Tengah sebagai Komandan Kelompok 8, Bagas Satria Wijaya dari Provinsi Lampung sebagai pembentang bendera, dan Zaini Fahmi dari Provinsi Kalimantan Tengah sebagai pengerek bendera.

Dalam menjalankan tugasnya, Tim Putih akan dikomando oleh Kapten Marinir Gardika Pradibyo, yang saat ini menjabat sebagai Komandan Kompi Beruang Batalyon Infanteri VII Marinir. Gardika merupakan lulusan Akademi Angkatan Laut tahun 2011.

Bertindak sebagai Komandan Upacara, Kolonel Pasukan Ahmad Sunawar Sholikul Qodri. Lulusan Akademi Angkatan Udara tahun 1997 itu kini menjabat sebagai Asisten Operasi Kor Pasukan Khas Angkatan Udara.

Perwira upacara sore ini kembali didapuk Brigadir Jenderal Syafruddin. Lulusan Akademi Militer tahun 1989 itu saat ini menjabat sebagai Kepala Staf Garnisun Tetap I Jakarta.

[Gambas:Video CNN] (fra/pmg)