Proyek Revitalisasi, Bioskop XXI di TIM Berhenti Beroperasi

Tim, CNN Indonesia | Minggu, 18/08/2019 12:55 WIB
Proyek Revitalisasi, Bioskop XXI di TIM Berhenti Beroperasi Ilustrasi. Bioskop XXI di Taman Ismail Marzuki (TIM), Jakarta, akan berhenti beroperasi mulai Senin (19/8) besok. (CNN Indonesia/Safir Makki)
Jakarta, CNN Indonesia -- Bioskop jaringan XXI yang berada di kawasan Taman Ismail Marzuki (TIM), Jakarta, akan berhenti beroperasi mulai Senin (19/8) besok. Rencananya, bangunan bioskop XXI ini masuk dalam proyek revitalisasi TIM.

"Memang kontraknya sudah selesai per tanggal 19 Agustus besok. Bangunannya juga akan direvitalisasi," ujar Kepala Unit Pengelola Pusat Kesenian Jakarta (UP PKJ) TIM Imam Hadi Purnomo saat dihubungi CNNIndonesia.com, Minggu (18/8).

Imam mengatakan, bekas bangunan bioskop XXI nantinya akan dibongkar menjadi gedung perpustakaan baru yang memanjang dari sisi depan hingga belakang TIM. Sebagian bekas bangunan juga akan dibongkar untuk perluasan gedung pertunjukan Graha Bhakti Budaya.

"Di samping bioskop XXI, kan, ada Graha Bhakti Budaya. Rencananya itu akan diperbesar kapasitasnya, sekarang 800 tempat duduk menjadi 2ribu tempat duduk," kata Imam.

Kendati demikian, lokasi bioskop di TIM tak lantas hilang akibat proses revitalisasi tersebut. Imam mengatakan, nantinya lokasi bioskop akan dibangun di sisi depan TIM.

"Kita siapkan nanti XXI ada di sisi depan yang sekarang bangunan perpustakaan. Mungkin 2021 nanti bisa dibuka lagi di sana, karena, kan, revitalisasi selesai total pada 2021," tuturnya.

Informasi tutupnya bioskop XXI di TIM sebelumnya beredar di media sosial. Dalam informasi tersebut, tertulis pengumuman bahwa mulai Senin besok dan seterusnya bioskop TIM XXI tutup/tidak beroperasi.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan telah melakukan groundbreaking revitalisasi TIM tahap I pada awal Juli lalu. Proyek revitalisasi ini akan digarap PT Jakarta Propertindo (Jakpro).

Pada revitalisasi tahap pertama akan dilakukan pekerjaan struktur untuk hotel, perpustakaan HB Jassin, pusat kuliner dan seni, hingga area publik. Sementara pada tahap kedua, akan dibangun asrama seni budaya dan sejumlah renovasi pada gedung planetarium. Proyek revitalisasi tahap I ditargetkan rampung tahun depan.

[Gambas:Video CNN]


(pris/asr)