AC Diduga Korslet, Gedung Back Office Savoy Homann Terbakar

Tim, CNN Indonesia | Senin, 19/08/2019 11:12 WIB
AC Diduga Korslet, Gedung Back Office Savoy Homann Terbakar Ilustrasi kebakaran. (ANTARA FOTO/Fikri Yusuf)
Bandung, CNN Indonesia -- Area seluas 10 meter persegi pada Gedung back office of the house (BOD) Hotel Savoy Homann, Kota Bandung, terbakar sehingga gedung dipenuhi asap tebal. Api diduga berasal dari korsleting pendingin ruangan (Air Conditioner/AC).

Kepala Bidang Pemadam dan Penyelamatan Dinas Kebakaran dan Penanggulangan Bencana Kota Bandung, Kurnia Saputra mengatakan laporan gedung terbakar diterima pada Senin (19/8) sekitar pukul 08.00 WIB pagi tadi.

Kurnia menyatakan saksi bernama Vian (35) pada 07.30 WIB pada saat akan masuk kerja, mencium bau plastik terbakar dan melihat ada kepulan asap di atap Gedung BOD Hotel Savoy Homann.

"Bapak Vian segera menghubungi engineering hotel untuk melakukan tindakan. Setelah ruangan terbuka, terlihat salah satu AC ruangan terbakar, sempat dilakukan pemadaman menggunakan APAR sebanyak 15 Unit," kata Kurnia dalam keterangannya.


Karena ditakutkan akan merambat, lanjut Kurnia, pihak hotel segera melaporkan kepada Diskar PB melalui Emergency Call 113 untuk meminta bantuan.

"Penyebab kejadian diduga dari korsleting kabel AC. Objek terbakar yaitu AC dan atap ruangan the palace room," kata Kurnia.

Diskar PB Kota Bandung menurunkan dua unit pancar pusat dan 1 unit rescue untuk memadamkan api. Selain itu, Diskar Bandung juga dibantu pihak keamanan dari Bhabinkamtibmas, TNI dan Linmas Pol PP Kota Bandung, serta menyiagakan dua unit ambulans.

Setelah tiba di lokasi, petugas melakukan pemadaman pada area terbakar dilanjutkan dengan pendinginan. Penanganan usai pada pukul 08.28 WIB

Luas area terbakar diperkirakan hanya 10 meter persegi, sementara luas Gedung BOD yaitu 630 meter persegi.

Kurnia menambahkan, tidak ada korban dalam kejadian ini.
(hyg/vws)