Megawati Lantik Risma Jadi Ketua PDIP

CNN Indonesia | Senin, 19/08/2019 17:00 WIB
Megawati Lantik Risma Jadi Ketua PDIP Ketua DPP PDIP Bidang Kebudayaan Tri Rismaharini. (CNN Indonesia/Bisma Septalisma)
Jakarta, CNN Indonesia -- Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri melantik kadernya yang juga Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini menjadi Ketua DPP PDIP Bidang Kebudayaan.

Jabatan Risma baru disahkan hari ini karena ia tak hadir dalam pelantikan DPP PDIP dalam Kongres V di Bali beberapa waktu lalu. Saat itu Risma tidak bisa hadir karena harus melaksanakan tugasnya sebagai Wali Kota Surabaya.

"Karena waktu itu belum dapat hadir, di dalam keputusan Kongres setiap anggota DPP partai harus dilantik dengan mengucapkan janji jabatan oleh ketua umum partai. Oleh sebab itu, saya ingin bertanya pada ibu, apa ibu bersedia mengucapkan janji jabatan?" kata Mega saat melantik Risma di Kantor DPP PDIP, Jakarta, Senin (19/8).


"Siap, bersedia," tutur Risma.

Risma pun resmi dilantik usai mengucap janji jabatan. Ia melengkapi daftar 27 jajaran DPP PDIP periode 2019-2024.

Megawati mengatakan memilih Risma sebagai pejabat PDIP karena prestasi di Surabaya. Hal yang paling menarik hati Mega adalah keberhasilan Risma menurunkan suhu Surabaya yang panas.

Presiden RI keempat itu menugaskan Risma untuk keliling Indonesia dan mempelajari budaya di setiap daerah untuk menyelaraskan kebijakan di masa mendatang.

"Tugas beliau keliling ke Indonesia untuk antara lain tugasnya mengkompilasi hal-hal kearifan lokal kita. Sehingga dengan demikian, banyak sekali sub-bidangnya, hal-hal lain agar PDI Perjuangan lebih masuk ke dalam sebuah tingkat yang lebih serius," ujar dia.

Usai dilantik, Risma mengucapkan terima kasih karena Mega telah memberinya kepercayaan. Risma berujar akan memanfaatkan jabatannya untuk menyatukan bangsa.

"Terus terang, saya membayangkan budaya ini bukan kesenian, tapi saya membayangkan saya bisa merakit persaudaraan antaranak bangsa," tutur Risma.

[Gambas:Video CNN] (dhf/wis)