FOTO : Menengok Kampung Kumuh di Sudut-sudut Jakarta

Adhi Wicaksono, CNN Indonesia | Kamis, 22/08/2019 11:04 WIB

Jakarta, CNN Indonesia -- Badan Pusat Statistik (BPS) DKI, pada 2017 mencatat 86 persen wilayah di DKI Jakarta masuk kategori kumuh. Kampung kumuh tersebar di sejumlah titik di ibu kota.

Ruang belajar Kelompok Belajar Anak (KBA) Bersama di Kampung Marlina, RW 17 Muara Baru, Penjaringan. KBA Bersama jadi pilihan warga ketika harga bangku Pendidikan Anak Usia Dini tak terjangkau. Anak-anak kampung kumuh cukup membayar Rp2 ribu per hari untuk ikut belajar. CNNIndonesia/Adhi Wicaksono.
Seorang warga melintas di atas papan, di lorong rumahnya di Kampung Bengek, RW 17, Muara Baru, Penjaringan Jakarta Utara. RW 17 merupakan daerah yang tercatat sebagai daerah kumuh berat versi BPS DKI Jakarta. Di kampung ini, rumah warga dibangun di atas tumpukan sampah. CNNIndonesia/Adhi Wicaksono.
Warga pemukim di pinggir rel, daerah Papanggo, Tanjung Priok, Jakarta Utara. BPS DKI Jakarta mencatat 86 persen wilayah DKI Jakarta masuk kategori kumuh. Pemprov DKI melakukan penataan dengan mengusung program Community Action Plan, melibatkan masyarakat dalam menata kampungnya. CNNIndonesia/Adhi Wicaksono.
Warga beraktivitas di sekitar tembok pemisah yang telah dijebol antara Kampung Marlina dan Kampung Bengek, Muara Baru, Penjaringan, Jakarta Utara. Pemerintah Pusat mencatat sekitar 49 persen atau 118 dari 267 kelurahan di Jakarta masuk kategori kumuh. CNN Indonesia/Adhi Wicaksono.
Aktivitas warga di Kampung Marlina, Muara Baru, Penjaringan, Jakarta Utara. RW 17 dihuni 7.228 orang, dengan jumlah bangunan hanya 1.816 rumah. Tingkat kepadatan penduduk di RW 17 menjadikan daerah ini masuk kategori kumuh. CNNIndonesia/Adhi Wicaksono.
Seorang warga menempati 2x2 meter di pinggir rel perlintasan Tanah Abang, Jakarta Pusat. Pemerintah menganggarkan Rp24 miliar dalam rencana Community Action Plan, menata kawasan kumuh di DKI Jakarta. Pemerintah DKI Jakarta juga menyiapkan Rp897 milliar untuk membangun 10 Rusunawa bagi warga. CNNIndonesia/Adhi Wicaksono.
Warga tertidur di depan rumah semi permanen di Kampung Bengek, RW 17 Muara Baru, Penjaringan, Jakarta Utara. Kampung Bengek merupakan daerah ilegal, lantaran warga bermukim di atas tanah milik PT Pelindo. Kampung Bengek disebut-sebut sebagai duta kampung kumuh dari Muara Baru. CNNIndonesia/Adhi Wicaksono.
Warga menghabiskan waktu malam di depan rumah, di pinggir rel jalur kereta api Tanah Abang, Jakarta Pusat. Tim Gubernur untuk Percepatan Pembangunan (TGUPP) memastikan pemerintahan Anies Baswedan tidak akan melakukan penggusuran, namun lebih ke perencanaan penataan permukiman. CNNIndonesia/Adhi Wicaksono.
Anak-anak bermain riang di tengah perlintasan kereta Tanah Abang. Tim Gubernur untuk Percepatan Pembangunan (TGUPP) Pemprov DKI Jakarta mengakui salah satu kendala penataan permukiman kampung kumuh di antaranya sengketa lahan. Sengketa kerap terjadi antara Pemprov DKI, swasta, hingga individu. CNNIndonesia/Adhi Wicaksono