Dua Mantan Sekjen PKB Tak Diundang ke Muktamar V di Bali

CNN Indonesia | Selasa, 20/08/2019 14:04 WIB
Dua Mantan Sekjen PKB Tak Diundang ke Muktamar V di Bali Mantan Sekjen PKB Lukman Edy mengaku tak diundang ke acara Muktamar ke-V di Bali. (CNN Indonesia/Abi Sarwanto)
Bali, CNN Indonesia -- Dua mantan Sekretaris Jendral Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) disebut tak diundang oleh panitia untuk menghadiri Muktamar PKB ke-V di Bali yang akan digelar hari ini, Selasa (20/8) hingga Kamis (22/8).

Mantan Sekjen PKB yang tak diundang adalah Sekjen hasil Muktamar tahun 2005 Lukman Edy dan Sekjen hasil Muktamar 2014 Abdul Kadir Karding.

Lukman Edy, yang saat ini menjabat sebagai Ketua DPP PKB mengklaim dirinya tak menerima undangan untuk menghadiri Muktamar V PKB oleh panitia acara.


"Ya begitu [tak diundang]," kata Lukman saat dihubungi wartawan, Selasa (20/8).

Lebih lanjut, Edy menyebut mantan Sekjen PKB yang kini menjabat sebagai Ketua DPP PKB, Abdul Kadir Karding turut tak diundang dalam forum tertinggi pengambilan keputusan PKB tersebut.

Ia turut mengatakan beberapa pengurus DPP PKB yang terlihat memiliki kedekatan dengan Karding turut tak diundang dalam Muktamar V PKB.

"Beberapa pengurus departemen yang kelihatan dekat dengan mas Karding juga enggak pada diundang tuh," kata Lukman.

Mantan Menteri Desa dan Pembangunan Daerah Tertinggal itu mempertanyakan alasan dirinya dan Karding tak diundang dalam Muktamar. Ia curiga ada kekhawatiran dari elite PKB terhadap para pengurus yang tak diundang tersebut nantinya akan berbuat keributan dalam Muktamar 

"Apa takut buat keributan ya? Padahal kita biasa-biasa aja," kata Lukman.

CNNIndonesia.com telah mencoba menghubungi Abdul Kadir Karding untuk meminta konfirmasinya terkait hal ini. Sampai berita ini diterbitkan, Karding sendiri belum merespon hal tersebut.

Lebih lanjut, Lukman menduga dirinya dan Karding sengaja tak diundang karena dianggap mengganggu konsolidasi terkait pemilihan ketua umum PKB. Ia menyatakan pihaknya memiliki konsep dan tawaran program tersendiri untuk mencari posisi ketua umum PKB selain Muhaimin Iskandar.

Diketahui, nama Muhaimin santer terdengar akan kembali menjabat sebagai Ketum PKB kembali di Muktamar kali ini.

"Kalau itu juga iya. Kita punya konsep dan tawaran yang dianggap mengganggu konsolidasi, misalnya saya menawarkan rekonsiasi menyeluruh dengan melibatkan seluruh kader-kader PKB dan NU yang berserakan," kata Lukman.

Terpisah, Ketua Steering Comitee Muktamar V PKB, Ida Fauziah membantah tudingan Lukman Edy tersebut. Ia mengatakan seluruh pengurus DPP PKB sudah diundang oleh pihak panitia.

"Pengurus DPP diundang semua, saya SC(steering commmitte)-nya. Siapa yang bawa kabar itu? Aku malah enggak dengar," kata Ida.
[Gambas:Video CNN] (rzr/sur)