Kapolri dan Wakabin Bungkam Usai 30 Menit Bertemu Wiranto

CNN Indonesia | Selasa, 20/08/2019 14:22 WIB
Kapolri dan Wakabin Bungkam Usai 30 Menit Bertemu Wiranto Rapat tertutup 30 menit antara Wiranto, Kapolri dan Wakabin di Kemenkopolhukam diduga membahas situasi keamanan di sejumlah daerah pascakerusuhan di Papua. (CNN Indonesia/Andry Novelino)
Jakarta, CNN Indonesia -- Menkopolhukam Wiranto menggelar rapat tertutup dengan Kapolri Jenderal Tito Karnavian dan Wakil Kepala BIN Teddy Lhaksmana di Kantor Menkopolhukam, Jakarta, Selasa (20/8).

Berdasarkan pantauan CNNIndonesia.com, Tito dan Teddy tiba sekitar pukul 12.00 WIB. Keduanya langsung masuk ke dalam Kantor Menkopolhukam tanpa memberi keterangan kepada pewarta.

Rapat antara Wiranto dengan Tito dan Teddy diduga untuk membahas situasi keamanan di sejumlah daerah pascakerusuhan di Manokwari, Papua Barat.

Berdasarkan pantauan, rapat berlangsung sekitar 30 menit. Tito dan Teddy kembali enggan berkomentar soal rapat dengan Wiranto.


Keduanya terlihat langsung bergegas memasuki kendaraan dinasnya masing-masing untuk meninggalkan Kantor Kemenkopolhukam. Sementara Wiranto diketahui masih berada di dalam kantornya.

Kerusuhan di Manokwari terjadi usai massa menggelar aksi buntut dari dugaan rasisme saat proses penangkapan mahasiswa Papua di Asrama Mahasiswa Papua di Surabaya, Jawa Timur.

Sejumlah mahasiswa Papua ditangkap oleh aparat atas dugaan perusakan bendera merah putih. Belakangan mereka dipulangkan kembali usai beberapa jam diamankan oleh aparat.

Akibat kerusuhan, sejumlah fasilitas publik di Manokwari mengalami kerusakan. Bahkan, massa di sejumlah wilayah di Papua dan Papua Barat juga melakukan aksi yang sama seperti di Manokwari.

Saat ini, kepolisian mengklaim situasi keamanan di dua wilayah itu berangsur kondusif. Kepolisian juga mengklaim tengah menyelidiki oknum yang melakukan tindakan rasisme kepada mahasiswa Papua di Surabaya.
[Gambas:Video CNN] (jps/gil)