Hadapi Pilkada 2020, KPU Bentuk Tim Khusus Tangkal Hoaks

CNN Indonesia | Kamis, 22/08/2019 08:45 WIB
Komisioner KPU Wahyu Setiawan menyatakan pembentukan tim antihoaks itu didasari pengalaman selama gelaran Pemilu 2019. Komisioner KPU Wahyu Setiawan menyatakan pembentukan tim antihoaks itu didasari pengalaman selama gelaran Pemilu 2019 (CNN Indonesia/Lalu Rahadian)
Jakarta, CNN Indonesia -- Komisi Pemilihan Umum (KPU) berencana membentuk tim khusus untuk mengurus penyebaran hoaks atau berita bohong terkait pemilu.

Komisioner KPU Wahyu Setiawan mengatakan tim tersebut dibentuk menyusul pengalaman pihaknya yang harus bekerja ekstra untuk menjawab hoaks selama gelaran Pemilu 2019.

"Mungkin dalam waktu yang tak terlalu lama, KPU RI atas pertimbangan-pertimbangan objektif kita akan merekrut tim ahli yang khusus menangani hal-hal upaya pendidikan pemilih, salah satunya adalah upaya menangkal hoaks," kata Wahyu di Kantor KPU, Jakarta, Rabu (21/8).
Wahyu mengatakan tim itu akan dibentuk sebagai upaya KPU memerangi hoaks secara struktur. Sebab, hoaks adalah masalah yang besar dan tidak bisa ditangani secara main-main.


Tim tersebut nantinya akan fokus memerangi hoaks yang tersebar di media sosial dengan cara menumbuhkan pemikiran kritis para pemilih.

Saat ini, ucap Wahyu, sebagian masyarakat Indonesia masih menganggap informasi di media sosial tanpa mampu mengkritisi.

"Kita akan memanfaatkan medsos untuk melakukan pendidikan pemilih, menumbuhkan kembali kesadaran kritis masyarakat, khususnya masyarakat pemilih. Kegiatan seperti ini akan kita lakukan bersama KPU kabupaten/kota se-Indonesia," ujar dia.

[Gambas:Video CNN] (dhf/kid)
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK