Pameran Foto, Istana Ungkap Sisi Lain Sukarno hingga Jokowi

CNN Indonesia | Rabu, 21/08/2019 23:24 WIB
Pameran Foto, Istana Ungkap Sisi Lain Sukarno hingga Jokowi Sekretaris Kementerian Sekretariat Negara Setya Utama menjelaskan soal Festival Indonesia Maju yang akan dilaksanakan pada 22-25 Agustus 2019 di Plaza Sudirman Kompleks Gelora Bung Karno, di Jakarta, Rabu (21/8). (CNN Indonesia/Feri Agus Setyawan)
Jakarta, CNN Indonesia -- Kementerian Sekretariat Negara menggelar Festival Indonesia Maju, pada 22-25 Agustus di Plaza Sudirman Komplek Gelora Bung Karno (GBK), Senayan, Jakarta. Festival tersebut menyuguhkan tiga acara, yakni Pameran Aksara Lintas Masa Istana, Pesta Rakyat, dan Panggung Rakyat.

Kepala Biro Tata Usaha Sekretariat Kementerian Sekretariat Negara Sari Harjanti mengatakan dalam Pameran Aksara Lintas Masa Istana, panitia akan menampilkan tujuh foto presiden RI, mulai dari Sukarno hingga Joko Widodo.

Menurut Sari, yang menarik dalam pameran foto tujuh presiden ini adalah memperlihatkan sisi humanis para orang nomor satu di Indonesia selama mereka menjalankan aktivitas sehari-hari.


"Sisi lain yang menarik dari pameran tujuh presiden ini adalah sisi-sisi humanisnya," kata Sari di Kementerian Sekretariat Negara, Jakarta, Rabu (21/8).
Sari mengatakan masyarakat umum nanti bisa melihat aktivitas yang dilakukan para presiden, seperti Sukarno yang hobi melukis, Soeharto yang hobi memancing, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) yang hobi membuat lagu, hingga Jokowi yang suka 'blusukan'.

"Itu lah sisi humanis dari para presiden kita. Pameran tujuh presiden ini lah yang ditunggu tunggu bapak, ibu sekalian, ada beberapa foto yang belum pernah sama sekali terbit," ujarnya.

Sari menyebut pihaknya juga akan menampilkan foto Istana Kepresidenan sejak era Kolonial Belanda sampai hari ini, kegiatan presiden di dalam Istana, pencapaian yang diraih oleh para presiden.

Kemudian foto sejarah pembangunan GBK, sejarah Bandara Kemayoran, jamuan untuk kolega yang berisi informasi menu jamuan untuk tamu negara dan hobi para presiden.
"Ada 400 foto yang kita tampilkan, kemudian ada 134 dokumen berupa arsip kertas, dan juga 10 film," tuturnya.

Khusus untuk film, Sari menjelaskan bahwa 10 film yang ditampilkan ini akan memperlihatkan proses pembangunan GBK sampai keberadaan Bandara Kemayoran, yang sempat menjadi bandara utama RI.

"Karena kita akan menampilkan film yang belum pernah ditampilkan dalam pameran-pameran sebelumnya," katanya.

Sekretaris Kementerian Sekretariat Negara Setya Utama menyatakan pihaknya bekerja sama dengan Pusat Pengelolaan Kompleks (PPK) Gelora Bung Karno dan PPK Kemayoran dalam menggelar Festival Indonesia Maju ini.

Setya menyatakan Menteri Sekretaris Negara Pratikno yang akan membuka festival tersebut esok, Kamis 22 Agustus di Plaza Sudirman GBK, Senayan, Jakarta, sekitar pukul 09.00 WIB.

"Acara akan dibuka langsung oleh Menteri Sekretaris Negara Pratikno," kata Setya.
[Gambas:Video CNN] (fra/ain)