Muktamar PKB Hasilkan Deklarasi Bali, Dukung Islam Nusantara

CNN Indonesia | Rabu, 21/08/2019 22:35 WIB
Muktamar PKB Hasilkan Deklarasi Bali, Dukung Islam Nusantara Ilustrasi Muktamar V Partai Kebangkitan Bangsa (PKB). (Tim Media PKB)
Bali, CNN Indonesia -- Muktamar V Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) secara resmi selesai dilaksanakan pada Rabu (21/8). Muktamar yang dilaksanakan selama dua hari penuh itu melahirkan 9 sikap politik PKB yang dinamakan 'Deklarasi Bali'.

Salah satunya adalah sikap politik untuk mempromosikan Islam Nusantara dan moderasi Islam di Indonesia. PKB berkeyakinan bahwa mempromosikan Islam Nusantara sebagai solusi untuk mengatasi berbagai konflik dan tragedi kemanusiaan atas nama agama.

"Sebagai negara Muslim terbesar di dunia Indonesia memiliki tanggung jawab besar untuk terus mengkampanyekan moderasi Islam dalam rangka memperbaiki peradaban dan menciptakan tata dunia yang damai," bunyi salah satu poin Deklarasi Bali itu.


Ketua Umum PKB, Muhaimin Iskandar meyakini semua poin yang terkandung dalam Deklarasi Bali  akan merebut masyarakat Indonesia untuk mendukung mereka.
Terlebih lagi, PKB akan menjadi salah satu motor pendukung pemerintahan Jokowi-Ma'ruf selama lima tahun ke depan.

"InsyaAllah kita jadi bagian dari pemerintah. jadi bagian dari Jokowi-Ma'ruf Amin untuk wujudkan peradaban Indonesia yang adil makmur maju dan sejahtera," kata dia.

Selain itu, terdapat sikap politik Deklarasi Bali dari PDIP yang dihasilkan dari Muktamar V PKB.

Pertama, rencana PKB mengawal dan memperkokoh Pancasila, bhinneka tunggal Ika, Negara Kesatuan Republik Indonesia dan UUD 1945 dalam komitmen berbangsa dan bernegara. Pancasila dalam NKRI adalah final. PKB mendorong tidak boleh ada ideologi yang menantang eksistensi ideologi Pancasila.

Kedua, bekerja total dan mengabdikan seluruh wakil politiknya untuk melayani, memfasilitasi dan membela yang lemah.

Ketiga adalah menuntaskan kaderisasi politik di semua lapisan masyarakat untuk memastikan terjadinya estafet dan regenerasi kepemimpinan politik.
Keempat adalah melanjutkan dan memperkuat khidmat kepada warga NU khususnya di bidang pendidikan dan pembangunan sumber daya manusia, ekonomi mikro kecil dan menengah serta agama dan keberagaman.

Kelima adalah mengembangkan sumber daya manusia yang unggul dan menggerakkan inovasi di kalangan kaum muda dan generasi milenial.

Keenam adalah mengembangkan Demokrasi inklusif. PKB akan mentransformasikan demokrasi Indonesia menjadi demokrasi yang inklusif. Dengan kata lain, demokrasi yang memberikan kesempatan kepada semua orang untuk mendapat akses yang sama dalam berbagai aspek.

[Gambas:Video CNN]

Ketujuh adalah menegakkan kedaulatan desa. PKB akan mengawal dan terus memperkuat desa sebagai pilar kebudayaan bangsa dan perekonomian nasional.

Aspek terakhir adalah mengawal politik hijau dalam kancah politik nasional. PKB sebagai green party akan mempromosikan politik yang berperspektif lingkungan sebagai prasyarat bagi terwujudnya pembangunan berkelanjutan. (rzr/ayp)