Topeng Monyet di Aksi Kamisan untuk Dukung Papua

CNN Indonesia | Kamis, 22/08/2019 17:21 WIB
Topeng Monyet di Aksi Kamisan untuk Dukung Papua Peserta Aksi Kamisan memakai topeng bergambar monyet. (CNN Indonesia/Dhio Faiz)
Jakarta, CNN Indonesia -- Peserta Aksi Kamisan memakai topeng wajah monyet saat menggelar aksi unjuk rasa di depan Istana Kepresidenan, Jakarta, Kamis (22/8) sore. Belasan massa aksi juga mengenakan pakaian dan payung hitam khas Aksi Kamisan.

Serangkaian poster bertuliskan penolakan terhadap rasialisme dan diskriminasi terhadap Papua juga dibentangkan. Mereka menggelar aksi diam selama tiga puluh menit untuk menarik perhatian pengguna jalan.

Massa aksi Aliansi Mahasiswa Antirasisme, Kapitalisme, Kolonialisme, dan Militerisme yang dari siang sudah beraksi di depan Istana pun bergabung.

Aksi Kamisan ke-598 memberi kesempatan untuk penyampaian kritik terhadap dugaan diskriminasi dan pelanggaran HAM pada warga Papua.


"Kami sedih dan marah, rasisme jadi makanan harian kawan-kawan di Papua. Kita tidak ingin itu terulang kembali. Walhi mengutuk keras rasisme. Rasisme musuh kemanusiaan, kita lawan!" kata Koordinator Desk Politik Wahana Lingkungan Hidup (Walhi), Khalisa Khalid, saat berorasi.
Pesert Aksi Kamisan di seberang istana. (CNN Indonesia/Dhio Faiz)

Ia menyampaikan ketidakadilan terhadap Papua tidak hanya sekadar aksi rasisme di Surabaya. Ketidakadilan, ucap Alin, dialami Papua selama puluhan tahun.

Sementara elite di Jakarta hanya membahas Papua selalu dari keuntungan ekonomis seperti divestasi saham PT Freeport Indonesia.

"Jika ada satu pertanyaan apa yang sudah Papua berikan kepada kita semua, Indonesia, kita yakin Papua memberikan begitu banyak buat Indonesia, bahkan yang di Jakarta. Sebut saja, tanah yang ditampas, hutan yang digunduli, emasnya, airnya, tapi apa yang Negara berikan untuk Papua selain pelanggaran HAM?" kata Khalisa.

Isu soal Papua memanas dalam sepekan terakhir. Bermula dari insiden bentrok mahasiswa Papua di Malang dan Surabaya. Insiden itu kemudian memicu sejumlah kerusuhan di Papua Barat seperti di Sorong dan Manokwari.

Hari ini selain aksi Kamisan ini, juga digelar aksi Aliansi Mahasiswa Antirasisme, Kapitalisme, Kolonialisme, dan Militerisme di seberang Istana. Dalam aksi tersebut, bendera bintang kejora sempat dikibarkan oleh peserta aksi.

[Gambas:Video CNN] (dhf/sur)