Jokowi Undang Tokoh Adat Papua dan Papua Barat ke Istana

CNN Indonesia | Kamis, 22/08/2019 18:04 WIB
Jokowi Undang Tokoh Adat Papua dan Papua Barat ke Istana Presiden Jokowi saat berkunjung ke Papua. Jokowi mengundang tokoh masyarakat dan adat Papua dan Papua Barat ke Istana pekan depan untuk membicarakan percepatan kesejahteraan di Papua. (CNN Indonesia/Yuliyanna Fauzi)
Jakarta, CNN Indonesia -- Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan bakal mengundang para tokoh, mulai dari tokoh adat, masyarakat, hingga agama dari Papua dan Papua Barat ke Istana pada pekan depan.

Jokowi mengaku ingin membicarakan masalah percepatan kesejahteraan di Tanah Papua.

"Mengundang para tokoh dari Papua dan Papua Barat baik tokoh adat, tokoh masyarakat, tokoh agama ke Istana, bicara masalah percepatan kesejahteraan di Tanah Papua," kata Jokowi di Istana Kepresidenan Bogor, Jakarta, Kamis (22/8).

Jokowi mengaku mengikuti perkembangan situasi di Bumi Cendrawasih. Mantan wali kota Solo itu menyatakan bahwa situasi di sejumlah wilayah Papua dan Papua Barat sudah berjalan normal kembali.


Menurutnya, Kapolri Jenderal Tito Karnavian, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, serta Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Wiranto juga telah mengunjungi Papua.

"Permintaan maaf sudah dilakukan, dan ini menunjukkan kebesaran hati kita bersama untuk saling menghormati, untuk saling menghargai sebagai saudara sebangsa dan setanah air," ujarnya.

Di sisi lain, Jokowi mengatakan telah memerintahkan Kapolri Jenderal Tito Karnavian untuk menindak secara hukum tindakan diskriminasi ras dan etnis yang dilakukan kelompok masyarakat.

"Saya juga telah memerintahkan Kapolri untuk menindak secara hukum tindakan diskriminasi ras dan etnis yang rasis secara tegas," tuturnya.
[Gambas:Video CNN]

(fra/gil)