Amien Rais: Ketum Bisiki Saya, PAN Pasti Tak Ikut Kabinet

CNN Indonesia | Jumat, 23/08/2019 16:30 WIB
Ketua Dewan Kehormatan Partai Amanat Nasional (PAN), Amien Rais menyebut kabar PAN menjadi oposisi adalah hal yang melegakan. Ketua Dewan Kehormatan PAN Amien Rais saat perayaan milad ke-21 PAN di kolong tol Pluit. Jakarta, Jumat, 23 Agustus 2019. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Jakarta, CNN Indonesia -- Ketua Dewan Kehormatan Partai Amanat Nasional (PAN), Amien Rais menyebut mendapat bisikan langsung dari Ketua Umum PAN, Zulkifli Hasan mengenai langkah politik PAN lima tahun ke depan.

Amien menyebut, berdasarkan bisikan Zulkifli, PAN memastikan PAN tak ada dalam kabinet Jokowi-Ma'ruf Amin lima tahun ke depan.

"Tadi saya dibisiki Bapak Ketum bahwa nanti PAN tidak ikut dalam kabinet yang akan datang," kata Amien saat menyampaikan sambutan di HUT PAN yang digelar di Kolong Tol Pejagalan, Pluit, Jakarta Utara, Jumat (23/8).


Di hadapan kader PAN, Amien mengaku informasi yang disampaikan Zulkifli Hasan merupakan hal yang sudah jelas dan sangat melegakan.
"Jelas dan melegakan," katanya.

Meski begitu, Amien memastikan sepanjang lima tahun nanti PAN akan tetap memberikan berbagai masukan dan kritik. Koreksi akan disampaikan PAN jika melihat perjalanan pemerintahan Jokowi-Ma'ruf menyimpang.

"Insya Allah kita di luar akan berikan masukan, kritik, koreksi kalau keliru, dan dorongan," kata Amien.

PAN diketahui hingga saat ini belum memberikan sikap tegas mengenai posisinya lima tahun ke depan. Sebelumnya, dalam sambutan di panggung HUT yang sama, Zulkifli hanya meminta para kader untuk meninggalkan hingar-bingar Pemilu 2019, dan move on menuju 2024.

"Saatnya kita konsolidasi menuju Pemilu 2024," kata Zulkfili.

Zulkifli sendiri sebelumnya nampak sering menemui Jokowi, bahkan disebut-sebut akan bergabung ke dalam pemerintahan setelah Pilpres resmi selesai digelar.

[Gambas:Video CNN] (tst/ain)
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK