Ingin Kurangi Polusi, Fraksi PAN DPRD DKI Carter Angkot

CNN Indonesia | Senin, 26/08/2019 11:06 WIB
Ingin Kurangi Polusi, Fraksi PAN DPRD DKI Carter Angkot Anggota Fraksi PAN datang ke DPRD DKI menggunakan angkuta kota untuk mengikuti acara pelantikan. (CNN Indonesia/LB Ciputri Hutabarat)
Jakarta, CNN Indonesia -- Calon Anggota DPRD DKI Jakarta terpilih dari Partai Amanat Nasional (PAN) menggunakan mobil angkutan umum saat menuju lokasi pelantikan. Mereka melakukan itu untuk mendukung Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan yang ingin mengurangi polusi udara.

Pantauan CNNIndonesia.com, mereka menggunakan angkot berwarna biru saat mendatangi gedung DPRD DKI Jakarta, bilangan Kebon Sirih, Jakarta Pusat, Senin (26/8). Mereka sudah memakai pakaian formal, yakni jas, dasi serta peci.

Adapun anggota DPRD DKI Jakarta yang akan dilantik dari PAN hari ini ialah Riano P Achmad, Oman Rohman Rakinda, Syahroni dan Zita Anjani. Kemudian Bambang Kusumanto, Farazandi Fidinansyah, Habib Muhamad Bin Salim Alatas, Lukmanul Hakim serta Guruh Tirta Lunggana.


Salah satu anggota DPRD DKI Jakarta terpilih dari PAN Zita Anjani mengatakan pemilihan angkutan umum sebagai bentuk kampanye peduli lingkungan. Terutama dalam rangka mengurangi polusi udara.
"Kami naik angkot karena sedang mendukung gubernur kita yang mengkampanyekan soal polusi udara salah satunya dengan naik angkutan umum," kata Zita di lokasi, Senin (26/8).

Mulanya, kata putri Ketua MPR Zulkifli Hasan itu, para anggota Dewan dari PAN berencana menggunakan sepeda. Namun, akan sulit karena mereka sudah mengenakan pakaian formal.

Akhirnya, angkutan umum menjadi pilihan. Menurut Zita, dengan tidak memakai mobil pribadi, dirinya dan anggota Dewan dari PAN lainnya telah mengurangi polusi udara di Jakarta.

"Tadinya naik sepeda, tapi kan saya pakai kain dan teman-teman juga pakai celana mengalah yang lain naik mikrolet," tegas dia.

Anggota DPRD DKI Jakarta periode 2019-2024 dilantik hari ini, Senin (26/8). Sebanyak 106 wakil rakyat ibu kota hasil Pemilu 2019 akan memulai tugasnya setelah dilantik.
Di DPRD DKI Jakarta periode 2019-2024, perwakilan terbanyak berasal dari PDIP dengan 25 kursi. Meski tetap jadi yang terbanyak, perolehan suara partai berloga banteng ini turun dari periode sebelumnya yang mendapat 28 kursi.

Partai dengan perwakilan terbanyak kedua adalah Gerindra. Partai besutan Prabowo Subianto itu memiliki 19 kursi, naik 4 kursi dari periode sebelumnya.

Posisi ketiga diisi Partai Keadilan Sejahtera (PKS). Mereka mendapat 16 kursi, naik dari periode sebelumnya yang hanya meraih 11 kursi.

Posisi keempat diisi oleh Partai Demokrat. Partai yang diketuai Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) itu memiliki 10 kursi, sama dengan periode 2014-2019.
[Gambas:Video CNN] (ctr/sur)