Anies Kucurkan Rp25 Miliar untuk Kartu Disabilitas Jakarta

CNN Indonesia | Rabu, 28/08/2019 11:24 WIB
Pemerintah Provinsi DKI Jakarta mengucurkan dana sebanyak Rp25 miliar untuk membagikan Kartu Penyandang Disabilitas Jakarta. Gubernur DKI Jakarta Anies Baswesan membagikan kepada para penyandang disabilitas. (CNN Indonesia/LB Ciputri Hutabarat)
Jakarta, CNN Indonesia -- Pemerintah Provinsi DKI Jakarta mengucurkan dana sebanyak Rp25 miliar untuk membagikan Kartu Penyandang Disabilitas Jakarta.

Kartu itu secara simbolis dibagikan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswesan hari ini kepada para penyandang disabilitas. Anies mengatakan kartu ini dibagikan untuk membantu kehidupan.


"Kita ingin warga di Jakarta yang memiliki kebutuhan khusus itu bisa terbantu untuk dipenuhi dengan baik. Mereka memiliki kebutuhan khusus ini bukan hanya secara fisik memiliki tantangan, tapi secara finansial pun sebagian dari mereka memiliki kebutuhan tambahan," kata Anies di GOR Matraman, Jakarta Timur, Rabu (28/8).


Anies menjelaskan tahun ini ada sekitar 7.137 penyandang disabilitas yang mendapatkan kartu tersebut. Penyandang disabilitas menerima Rp300 ribu per bulan yang diterima dengan sistem rapel.

"Sebagian dari warga penyandang disabilitas itu memang tidak memiliki kemampuan untuk rutin ke ATM, jadi bisa digunakan melalui keluarganya," ujar dia.


Di tempat yang sama, Anies juga mengingatkan Bank DKI untuk melayani para pemegang kartu laiknya nasabah prioritas. Anies menginstruksikan Bank DKI mendampingi para penerima bagi yang membutuhkan bantuan khusus.

"Harapannya nanti bisa membantu, tadi saya pesankan kepada Bank DKI sebagai penyalur untuk menghargai para penyandang disabilitas sebagai customer platinum. Kalau mereka datang ke fasilitas Bank DKI, hargai, hormati mereka, dan layani dengan sebaik-baiknya," ujarnya.

Kepala Dinas Sosial DKI Jakarta Irmansyah memastikan bantuan serupa masih akan dianggarkan tahun depan. Sejauh ini data yang tercatat baru 14.459 calon penerima tahun depan.

"Diambil basis data terpadu yang dasar ditetapkan oleh Kemensos itulah yang jadi dasar bagi kita ajukan mendapat sebagai penerima. Jadi sudah ada kriteria-kriteria banyak juga di sana," kata Irmansyah.


[Gambas:Video CNN] (ctr/pmg)
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK